Genjot pendapatan, ACES tambah gerai dan produk



JAKARTA. Memasuki kuartal IV, PT ACE Hardware Indonesia Tbk (ACES) berencana menambah tiga gerai baru. Tiga gerai itu menjadi langkah perusahaan ini untuk mencapai target pembukaan 15 gerai sepanjang tahun 2014. 

Investor Relations ACES Imelda Widjojo mengatakan, dua gerai berada di Pulau Jawa dan satu gerai di luar Pulau Jawa. "Nama kotan kami belum bisa sebutkan," ujarnya Jumat (19/9).

Saat ini ACES sudah memiliki total 107 gerai, sebanyak 30% berada di luar Jawa dan 70 % berada di Pulau Jawa. Penambahan gerai menjadi upaya ACES menambah pendapatan.

Untuk tiap gerai, ACES setidaknya perlu menggelontorkan dana sekitar Rp 20 miliar dengan rata-rata luas 2.100 m2. Dana itu diambilkan dari belanja modal (capex) ACES tahun ini yang sebesar p 120 miliar-Rp 150 miliar. 

Dengan jumlah gerai yang bertambah ini, ACES berharap kinerjanya meningkat. Tahun 2014 ini, ACES menargetkan pertumbuhan penjualan sekitar 20% dari Rp 3,85 triliun pada 2013 menjadi Rp 4,62 triliun.

Untuk kinerja semester pertama, Imelda mengklaim sudah sesuai target dengan pertumbuhan pendapatannya sekitar 21%.  Biasanya sebanyak 55% kinerja perusahaan disumbang di semester II, sedangkan di semester I sebanyak 45%.

Selain penambahan gerai, untuk mengenjot kinerja pendapatan, ACES juga akan lebih variatif soal produk. Menurut Imelda, sekitar 5% ada penambahan produk baru tiap tahunnya, jenis produknya mix berasal dari negara manapun namun tetap pada kebutuhan lifestyle.

"Strategi lain dari kami untuk menjalani semester II ini masih salah satunya melakukan clearance sales dan Chrismas sales. Biasanya kontribusi penjualan saat musim natal naik sekitar 25-30% dari penjualan," kata Imelda.

ACES cukup berhasil meningkatkan penjualan di pulau Jawa. Penjualan di Jakarta naik 10% (yoy) menjadi Rp 1 triliun. Sementara penjualan di daerah Jawa di luar Jakarta tumbuh 24% (yoy) menjadi Rp 1,16 triliun dan penjualan di luar Jawa naik 31% (yoy) menjadi Rp 764,85 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa