Genjot Pengeboran, Elnusa (ELSA) Uprgade Teknologi Wireline Logging Services



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Elnusa Tbk (Elnusa) meningkatkan teknologi alat Ultrasonic dan Electric Cutting Tools terbaru. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung kegiatan pengeboran dan workover di wilayah kerja Pertamina Hulu Energi (PHE). 

Sebagai informasi, teknologi Ultrasonic dan Electric Cutting Tools ini sangat penting dalam operasional pengeboran minyak dan gas bumi. Diharapkan alat-alat terbaru ini sudah bisa digunakan pada awal tahun 2025 mendatang.

Baca Juga: ELSA Alokasikan 12% Capex di Bisnis Hulu Migas, Dongkrak Jasa Reaktivasi Sumur Tua


Direktur Utama Elnusa Bachtiar Soeria Atmadja mengatakan, peralatan ini akan digunakan untuk memastikan evaluasi integrity sumur (well integrity) yang lebih akurat, khususnya dalam proses pemasangan casing hingga penyemenan.

Dengan teknologi tersebut, Elnusa berharap dapat memberikan data yang lebih presisi, memungkinkan untuk meningkatkan produktivitas sumur-sumur minyaknya di berbagai wilayah kerja PHE

"Investasi ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang Elnusa dalam mendukung teknologi sektor hulu migas. Investasi ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kami dalam menyediakan layanan Wireline Logging Services yang andal," kata Bachtiar dalam keterangan resmi, Sabtu (12/10).

Baca Juga: Elnusa (ELSA) Pacu Usaha Reaktivasi Sumur Minyak Tua, Begini Strateginya

Adapun, peralatan Ultrasonic dan Electric Cutting Tools ini akan membantu dalam evaluasi dan penanganan teknis selama operasi pengeboran, terutama dalam proses penyemenan yang sangat penting untuk memastikan keamanan operasional dan produktivitas sumur.

"Teknologi ini memastikan bahwa integritas sumur tetap terjaga, meminimalisir risiko operasional, dan memastikan bahwa zona produktif dapat diisolasi dengan optimal. Pada akhirnya, teknologi ini akan berkontribusi besar dalam peningkatan produksi migas nasional," tambahnya.

Sebagai bagian dari komitmen jangka panjang, penyediaan peralatan ini bukan hanya investasi teknologi, tetapi juga bentuk dukungan Elnusa terhadap program-program strategis PHE.

Baca Juga: Elnusa (ELSA) Telah Serap Belanja Modal Rp 188 Miliar per Semester I-2024

Elnusa memastikan dengan layanan Wireline Logging Services terbaru ini, dapat menjalankan program pengeboran dan workover secara lebih efisien dan aman.

Teknologi ini akan memberikan data akurat terkait kondisi sumur di bawah permukaan, yang sangat penting dalam pengambilan keputusan terkait pengeboran dan peningkatan produksi.

Dengan investasi ini, kata Bachtiar, Elnusa berharap dapat semakin mendukung PHE dalam mencapai target produksi migas nasional. Elnusa terus berinovasi dan memperkuat posisinya sebagai penyedia layanan energi yang berkelanjutan.

Selanjutnya: Tren Penarikan Kendaraan di Tengah Kelesuan Ekonomi Indonesia

Menarik Dibaca: Waspada Bencana Jawa Tengah Besok (14/10), Ini Peringatan Dini Cuaca Hujan Lebat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto