Genjot penjualan, Alfacart.com gandeng e-commerce besar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan e-dagang milik Alfamart, yaitu Alfacart.com semakin serius menggarap pasar kebutuhan sehari-hari (groceries) secara online bekerjasama e-commerce besar di Indonesia.

"Strategi kami tidak lagi berkompetisi tetapi memperbesar kolaborasi dengan semua e-commerce seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, dan beberapa e-commerce lain yang sedang dalam tahap proses integrasi. Alfacart.com berfokus menjadi agregator bagi e-commerce lain untuk produk kebutuhan sehari-hari," kata Bambang Setiawan Djojo, Direktur Alfacart.com di acara open house kantor baru Alfacart.com di Alam Sutra, Selasa (5/6).

Bambang mengatakan produk kebutuhan sehari-hari mulai banyak dicari secara online, pasarnya ada dan akan semakin besar dengan melihat tren belanja masyarakat usia produktif sekarang ini yang memilih cara termudah, yaitu secara online.


Sebelumnya, e-commerce lebih fokus pada fashion, gadget, dan elektronik, akan tetapi kini mulai melirik pasar produk kebutuhan sehari-hari. "Mereka melihat adanya potensi. Namun tidak mudah menyediakan produk tersebut dengan lengkap dari beragam brand tanpa didukung jaringan yang luas. Karena produk kebutuhan sehari-hari, FMCG itu marginnya kecil, kalau tidak ada jaringan, akan berat di logistik," ungkap Bambang.

Dalam hal ini, Alfacart.com berkolaborasi dengan e-commerce lainnya diharapkan dapat menumbuhkan pasar groceries online di Indonesia yang belum sebesar negara Asian lainnya.

Bambang menambahkan dalam kolaborasi ini perusahaan tidak hanya memasok produk saja, tapi juga mendukung dari sisi logistik. Pihaknya membuka akses bagi semua e-commerce untuk bisa melakukan pengiriman atau logistik dari e-commerce melalui jaringan toko Alfamart.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sofyan Hidayat