Gerindra Minta Ekspor Pasir Laut Ditunda



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani meminta pemerintah menunda kebijakan ekspor pasir laut. 

Ia mengatakan, lebih baik pemerintah mengkaji lebih dalam dulu sebelum mengeksekusi kebijakan tersebut. 

“Ya saya mengusulkan kalau bisa rencana ekspor pasir laut, kalau memungkinkan ditunda dulu,” ujar Muzani di Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (21/9/2024). 


Muzani menyampaikan, jangan sampai kebijakan yang diambil pemerintah soal ekspor pasir laut malah membawa banyak kerugian untuk masyarakat. 

Dia pun meminta agar pemerintah mempertimbangkan secara matang sebelum mengambil langkah.

“Ketika mudharatnya lebih besar dari pendapatan perekonomian yang kita dapatkan, tentu saja itu adalah sebuah kegiatan yang akan menjadi beban bagi kehidupan kita berikutnya,” ucap Muzani. 

Baca Juga: Soal Kebijakan Ekspor Pasir Laut, Susi Pudjiastuti Bilang Begini

“Tetapi, jika ternyata manfaatnya ternyata lebih besar, nanti itu untuk dipikirkan lebih lanjut,” sambung dia. 

Menurut dia, lebih baik pemerintah mendengarkan lebih dulu masukan dari para aktivis lingkungan. Jangan sampai, keuntungan ekonomi justru membawa kerusakan besar pada lingkungan hidup. 

“Untuk kita perhatikan bahwa kita akan menghadapi sebuah perubahan dan masalah ekologi laut yang cukup serius ke depan kalau kegiatan ini dilanjutkan,” tuturnya. 

“Meskipun dari sisi perekonomian, juga kita akan mendapatkan faedah dan ini nilai tertentu,” imbuh dia. 

Diketahui pemerintah telah resmi membuka keran ekspor pasir laut setelah Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 20 Tahun 2024 dan Permendag Nomor 21 Tahun 2024. 

Dua aturan itu adalah turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut, yang diteken Presiden Joko Widodo pada Mei 2023. 

Sementara, Jokowi menampik jika pasir laut yang bakal diekspor. Ia mengklaim, ekspor yang diatur adalah sedimentasi yang mengganggu jalur layar kapal. 

“Sekali lagi, itu bukan pasir laut, ya. Yang dibuka itu sedimen, sedimen. Yang mengganggu alur jalannya kapal," kata Jokowi memberikan keterangan di Menara Danareksa, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga: Malaysia dan Kamboja Sudah Larang Ekspor Laut ke Singapura

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Partai Gerindra Minta Ekspor Pasir Laut Ditunda", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/09/22/07550921/partai-gerindra-minta-ekspor-pasir-laut-ditunda.

Selanjutnya: Tarif Tol Ruas Dalam Kota Jakarta Naik Mulai Hari Ini, Cek Tarif Terbarunya

Menarik Dibaca: Bisa Rusak, Jangan Cuci Benda-benda ini Pakai Sabun Cuci Piring

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati