Gerindra Sebut Ada Sekitar 46 Kementerian pada Kabinet Prabowo



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengamini jumlah kementerian pada masa pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sekitar 46. 

Hal itu disampaikan Dasco saat ditanya mengenai kebenaran informasi mengenai daftar 46 kementerian yang tercantum dalam draf pembagian mitra komisi di DPR RI. 

“Jadi begini saya nanti baru masih mau menghitung finalisasinya jumlahnya berapa. Tetapi saya waktu kemudian jumlahnya ada, pas sekitar-sekitar itu (46 kementerian),” ujar Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jumat (11/10/2024). 


Meski begitu, Dasco menekankan bahwa kepastian jumlah kementerian pada masa pemerintahan Prabowo tetap harus menunggu keputusan final.

“Saya mendapatkan info bahwa kementerian yang ada itu memang ingin mengoptimalkan fungsi kementerian sebaik-baiknya kemudian bermanfaat buat rakyat,” kata Dasco. 

Baca Juga: Susunan Kabinet Prabowo: Bakal Ada Kementerian Koordinator Infrastruktur

Dengan demikian, janji-janji kampanye Prabowo dan Gibran pada Pilpres 2024 diharapkan dapat direalisasikan oleh kementerian/lembaga yang dibentuk dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

“Sekaligus kemudian berfokus pada kampanye dari Pak Prabowo yaitu hasta cita dan 17 program aksi yang kemudian akan diimplementasikan kepada kementerian-kementerian, baik yang eksisting maupun kementerian yang dipecah menjadi kementerian baru,” kata Dasco. 

Diberitakan sebelumnya, beredar surat yang menyebutkan akan ada 13 komisi yang dibentuk DPR RI. 

Surat itu turut membeberkan kementerian dan lembaga yang menjadi mitra dari masing-masing komisi. 

Surat itu seolah menjadi bocoran bahwa akan ada 46 kementerian di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, bertambah 12 dari era Jokowi. 

Jika ditotal dengan lembaga negara lain, maka ada 123 kementerian/lembaga di era Prabowo-Gibran. 

Berdasarkan dokumen itu, ada beberapa kementerian baru yang dipecah dari kementerian lama seperti  Kementerian Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Transmigrasi. 

Kemudian, ada Kementerian Hukum, Kementerian HAM, Kementerian Pariwisata, Kementerian Ekonomi Kreatif, Kementerian Pekerja Migran Indonesia, dan Badan Gizi Nasional.

Baca Juga: Bocoran Kabinet Prabowo Mulai Terang, Kabarnya Sudah Dibahas dengan DPR

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gerindra Sebut Ada Sekitar 46 Kementerian pada Kabinet Prabowo", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/10/11/14293591/gerindra-sebut-ada-sekitar-46-kementerian-pada-kabinet-prabowo.

Selanjutnya: Per Agustus, Kemenkeu Catat Orang Super Kaya Sudah Bayar Pajak Rp 18,5 Triliun

Menarik Dibaca: Cara Kirim Pesan Tanpa Koneksi WiFi dan Internet di iOS 18

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati