Gerindra Sebut Prabowo Ingin Membentuk Zaken Kabinet



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan presiden terpilih Prabowo Subianto ingin membentuk zaken kabinet pada pemerintahannya kelak.

Muzani mengatakan, Prabowo ingin para pembantunya di kabinet kelak adalah orang-orang yang memang ahli di bidangnya masing-masing.

Baca Juga: AHY Serahkan Keputusan ke Prabowo Jika Ingin Ajak PDI-P Gabung di Pemerintahan


"Pak Prabowo ingin ini adalah sebuah pemerintahan zaken kabinet. Di mana yang duduk adalah orang-orang yg ahli di bidangnya, meskipun yang bersangkutan berasal atau diusulkan dari parpol," ujar Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024).

Muzani menyebutkan, menteri yang berasal dari partai politik pun harus tetap ahli di bidangnya.

Ia mengatakan, langkah itu diambil supaya sebuah kementerian benar-benar dipimpin oleh orang yang ahli dan relevan dengan kementerian tersebut.

"Sehingga tidak kehilangan relevansinya di jabatan yang diduduki karena yang bersangkutan memiliki keahlian dari jabatan yang disandang," ujar Muzani.

Baca Juga: Dukung Program Makan Bergizi Gratis, Pemerintah akan Impor 1 Juta Sapi Perah

Ia pun meminta publik menunggu Prabowo mengumumkan sendiri susunan kabinet pilihannya.

"Tunggu nanti pengumuman dari Presiden Prabowo setelah dilantik jadi presiden," kata Muzani.

Di sisi lain, Muzani mengungkapkan bahwa porsi kursi menteri yang didapat oleh masing-masing partai anggota koalisi masih diperbincangkan.

Ia mengungkapkan, partai-partai politik Koalisi Indonesia Maju sudah mengajukan nama yang dicalonkan sebagai menteri. 

Baca Juga: Pramono Anung Sebut Hubungannya dengan Prabowo Sangat Baik

Muzani mengatakan, nama-nama yang diajukan oleh partai politik pun sudah mulai disaring dan dipilah sebelum diputuskan sebagai menteri.

"Di antara partai koalisi sudah mulai mengajukan nama, dan mengajukan beberapa portofolio di kementerian. Terus di antara tokoh-tokoh juga sudah mulai disebut dan sudah mulai dilakukan penjaringan dan penyaringan, pemilahan dan pemilihan," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gerindra Sebut Prabowo Ingin Bentuk Zaken Kabinet, Menteri Harus Ahli di Bidangnya", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/09/09/17351101/gerindra-sebut-prabowo-ingin-bentuk-zaken-kabinet-menteri-harus-ahli-di.  

Selanjutnya: Topan Yagi di Vietnam Utara Tewaskan Puluhan Orang dan Pabrik Alami Kerusakan

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (10/9) Hujan Deras, Waspada Bencana di Provinsi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto