Gibran Dapat Bocoran Soal Kabinet Prabowo Saat Pertemuan dengan Jokowi di Solo



KONTAN.CO.ID - JAKARTA.Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengaku mendapat bocoran susunan kabinet saat pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan presiden terpilih Prabowo Subianto pada Minggu (13/10/2024) kemarin. 

Gibran pun menegaskan bahwa ia menyerahkan penuh soal susunan kabinet kepada Prabowo selaku pemegang hak prerogatif. 

"Kalau susunan menteri dan lain-lain sekali lagi saya serahkan ke pak presiden terpilih," kata Gibran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2024). 


"Saya sudah mendapatkan ya sedikit bocoran waktu kemarin makan siang dan sekali lagi kita hormati pilihan dari pak presiden terpilih," ujar dia.

Akan tetapi, Gibran enggan membeberkan bocoran yang ia peroleh.

Putra sulung Jokowi ini meminta publik untuk menunggu pengumuman resmi. 

Baca Juga: Usai Bertemu Prabowo, Natalius Pigai: Saya Bantu, Bisa di Mana Saja

Ya nanti," kata Gibran. 

Pertemuan antara Jokowi dan Prabowo digelar di kediaman Jokowi, Kelurahan Sumber, Solo, Minggu siang kemarin sekitar pukul 14.15 WIB. 

Saat tiba di Bandara Adi Soemarmo, Prabowo disambut oleh Gibran yang mendampingi perjalanan ke kediaman Jokowi menggunakan mobil Alphard putih. 

Gibran pun turut duduk dalam pertemuan antara Jokowi dan Prabowo. 

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan pertemuan itu membahas isu kebersamaan dan keberlanjutan tanpa menguraikan isi pertemuan secara lebih detil. 

"Silaturahmi kebersamaan dan keberlanjutan. Itu tema utamanya," ucap Pratikno. 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut pertemuan itu membicarakan soal pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10/2024) mendatang. 

"Sebagian persiapan tanggal 20 Oktober," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin. 

Adapun pada Senin ini, Prabowo memanggil sejumlah tokoh yang digadang-gadang bakal menjadi menteri pada kabinet pemerintahan lima tahun ke depan. 

Para tokoh itu datang bergantian ke kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, sejak Senin siang. 

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengonfirmasi bahwa tokoh-tokoh itu dipanggil dalam kapasitas sebagai calon menteri para pemerintahan Prabowo. 

Dasco menyebutkan bahwa tokoh-tokoh itu sudah menandatangani kesediaan untuk membantu Prabowo pada pemerintahan mendatang. 

"Iya rencananya seperti itu, akan diundang calon menteri yang kemarin sudah menandatangani kesediaan membantu," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin. 

Para tokoh itu dipanggil ke kediaman Prabowo dalam rangka finalisasi susunan kabinet pemerintahan Prabowo. 

"Yang dipanggil itu akan bertemu dengan Pak Prabowo, nah finalisasinya nanti setelah pertemuan, kira-kira begitu," ucap wakil ketua DPR RI itu.

Baca Juga: Maman Aburrahman Mengaku Bakal Jadi Menteri UMKM di Kabinet Prabowo

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gibran Dapat Bocoran soal Kabinet Prabowo Saat Pertemuan dengan Jokowi di Solo", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/10/14/18091261/gibran-dapat-bocoran-soal-kabinet-prabowo-saat-pertemuan-dengan-jokowi-di?page=all#page2.

Selanjutnya: Penjualan Mobil Listrik Hyundai dan Kia Bisa Tembus 100.000 Unit di Amerika Serikat

Menarik Dibaca: Museum Nasional Indonesia Buka Mulai Besok 15 Oktober, Ini Tarif dan Jam Operasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati