GIPTI di kawasan BSD City seluas 15 hektar mulai dibangun



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di kawasan BSD City mulai dilakukan yang ditandai dengan seremoni groundbreaking atau peletakan batu pertama pada 4 September 2018.

GIPTI tersebut dibangun oleh Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) Serpong bersama dengan Sinar Mas Land. GIPTI ini akan dibangun di lahan seluas 15 hektare (ha). Bangunannya direncanakan akan memiliki luas sekitar 12 ha dan dibangun secara bertahap.

GIPTI akan menjadi show case kemajuan inovasi dan juga teknologi terapan terkini, tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat di bidang IPTEK, dan tempat pemasaran bagi produk-produk UKM dan startup berbasis teknologi binaan inkubator bisnis teknologi diPUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 

Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menjelaskan, GIPTI adalah proyek kolaborasi Puspitek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 80-an dalam membangun kawasan technopolis.

"Saat ini, kita coba hidupkan kembali konsep tersebut dengan dijadikannya PUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai N-STP, yang tidak hanya fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek, namun juga sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional, pusat penumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM industri,” kata Nasir dalam siaran persnya, Kamis (4/10).

Nasir menambahkan, dengan kehadiran GIPTI tersebut diharapkan bisa mempertemukan antara inventor dan investor. Pemerintah hanay mediator lewat Puspitek untuk menghasilkan kolaborasi antara penghasil inovator dan industri.

GIPTI tersebut dibangun di lahan milik Puspitek yang sudah ada sejak tahun 1980an. Sementara pembiayaan untuk pembangunan semua gedung dan infrastrukturnya akan dilakukan oleh Sinarmas Land sebagai bagian dari Corporate Sosial Responsibility (CSR) perusahaan.

Christopher Siswanto Adisaputro, CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land berharap kolaborasi bersama Puspitek untuk menghadirkan GIPTI tersebut dapat semakin mendukung tujuan BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city. "Saat ini BSD City juga sedang menggarap proyek kawasan Digital Hub yang kedepannya akan menjadi Silicon Valley di Indonesia," kata Siswanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .