GM Investasi US$ 370 Juta Untuk Bangun Pabrik di Michigan



NEW YORK. General Motors Corp. (GM) terus menggelar aksi ekspansi untuk meningkatkan kinerjanya. Salah satunya, dengan terjun ke bisnis mobil kecil. Tidak tanggung-tanggung, GM menanamkan investasi sebesar US$ 370 juta yang ditujukan untuk membangun sebuah pabrik di Michigan. Di pabrik ini, produsen mobil asal Paman Sam itu akan memproduksi Chevrolet Volt plug-in dan Cruze compact. Selain itu, GM juga akan merakit kendaraan konvensional dan mesin turbo pada mesin berkapasitas 1,4 liter.      

Mesin dengan tenaga turbo akan digunakan pada model Cruze, yang akan diproduksi dalam kurun waktu dua tahun di Ohio dan akan dipasarkan di seluruh dunia. Sementara, Chevrolet’s Volt, yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan, didesain memiliki kecepatan 60 kilometer. GM sendiri akan mulai memasarkan kendaraan ini pada November 2010.

Rencananya, pabrik tersebut akan didirikan pada lahan seluas 552.000 square foot di Flint. Targetnya, pembangunan pabrik mobil tersebut akan diselesaikan pada 2010 mendatang. Dengan adanya pembangunan di kawasan itu, GM akan mempekerjakan sekitar 300 pegawai baru.


Pembangunan pabrik tersebut akan membantu GM mencapai target produksi mobil hemat bahan bakar yang dipatok naik dua kali lipat pada 2011 mendatang. Hal ini dilakukan karena naiknya harga BBM yang mencapai US$ 3,50 per liter pada tahun ini, menurunkan permintaan kendaraan jenis pick-up dan sport-utility vehicle (SUV). 

“Di tengah tingginya harga minyak dunia saat ini, sangat penting bagi kami untuk melakukan terobosan proaktif dan agresif untuk mengeluarkan kendaraan dengan mesin yang hemat BBM,” jelas CEO GM Rick Wagoner di Flint. Ia menambahkan, GM sudah menginvestasikan dananya sebesar US$ 2 miliar untuk mendanai proyek powertrain dalam dua tahun belakangan.

Catatan saja, tahun ini, penjualan GM di AS anjlok 18%. Penurunan terbesar berasal dari penjualan SUV yang mencapai 23%. Sementara, kendaraan jenis pickup dan van mengalami kenaikan tajam mencapai 60%.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie