KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Sebagai perusahaan teknologi terdepan di Indonesia, GOJEK terus berupaya untuk membangun fondasi kesejahteraan yang berkelanjutan bagi para mitra drivernya, sekaligus mendukung mereka dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Hal ini diwujudkan salah satunya melalui pemberian apresiasi bagi ribuan mitra driver bintang lima yang berkinerja tinggi yang dilaksanakan bersamaan dengan momen buka puasa antara mitra dengan manajemen di kantor operasional GOJEK kawasan Kemang Timur. Alvita Chen
Senior Manager Corporate Affairs GOJEK mengungkapkan, pihaknya bangga karena ‘memberikan pelayanan terbaik’ telah menjadi ciri khas mitra driver. Faktanya, rata-rata rating mitra driver GOJEK selalu melampaui angka 4.5 terhitung sejak aplikasi kami diluncurkan.
Hal ini menunjukkan bahwa para mitra driver bekerja dengan penuh integritas, dan oleh karenanya layak untuk diberikan apresiasi. Pemberian pelayanan terbaik sendiri selalu menjadi fokus utama GOJEK, oleh karenanya ragam pelatihan telah dilaksanakan secara berkelanjutan guna menjaga kualitas tersebut. Adapun pelatihan yang diadakan GOJEK bagi para mitra driver salah satunya melalui programBengkel Belajar Mitra (BBM) yang berisikan wadah pengembangan layanan prima dengan berbagai macam topik seperti pelatihan bahasa Inggris, pelatihan P3K, pelatihan otomotif, pelatihan anti kekerasan seksual, serta tentunya pelatihan keselamatan berkendara yang berkolaborasi dengan berbagai lembaga dan komunitas yang ahli dalam bidangnya. Selain berkat dukungan dari ragam pelatihan layanan dari GOJEK, Alvita mengakui bahwa kebanggaan akan produk karya anak bangsa menjadi salah satu faktor utama pemicu layanan prima oleh para mitra driver. “Hal ini yang membuat mitra driver GOJEK berbeda, karena mereka bukan bekerja hanya semata-mata untuk kesejahteraan dirinya dan keluarga, namun juga untuk mengharumkan nama aplikasi karya anak bangsa," kata dia, dalam siaran pers, Selasa (28/5). Selain menjadi duta terpuji dari produk karya anak bangsa, para mitra driver GOJEK juga memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) tahun 2018, mitra driver GOJEK ercatat memberikan kontribusi ekonomi sebesar 25 Triliun Rupiah kepada negara. Adapun kriteria bagi penerima apresiasi ini adalah mitra driver yang berkinerja tinggi, loyal, memiliki kebutuhan finansial khusus, dan/atau yang selalu memberikan layanan prima. Tidak berhenti sampai di situ, sejalan dengan kampanye #CariKebaikan di bulan Ramadhan ini, GOJEK melalui GO-FOOD pun kembali menghadirkan program tahunan #TraktirDriver yang merupakan hasil kolaborasi bersama para mitra merchant dan pelanggan GO-FOOD untuk berbagi bersama mitra driver yang mengantar pesanan GO-FOOD dengan menggandeng lebih dari 700 outlet GOFOOD merchant yang tersebar di 5 kota. “Melalui program ini, customer dapat memesan menu khusus #TraktirDriver di aplikasi GO-FOOD, maka outlet tersebut akan otomatis turut menyediakan makanan tambahan untuk para driver. Ke depannya, GOJEK akan secara rutin dan terus-menerus memberikan ragam jenis apresiasi sebagai wujud terima kasih perusahaankepada mitranya,” jelas Alvita. Fokus Layani Customer, Driver GOJEK Tuai Berkah Salah satu penerima apresiasi mitra driver bintang lima adalah Bapak Anton Budi. Ia merupakan mitra driver GOJEK yang sempat viral di media sosial atas kasus hilangnya sepeda motor saat sedang mengantarkan pesanan GO-FOOD. Singkat cerita, setelah Anton sadar bahwa ia kehilangan motornya, bukannya langsung melapor ke polisi, hal pertama yang ia lakukan justru menghubungi teman sesama mitra driver untuk mengantarkannya ke rumah customer demi menyelesaikan tugasnya mengirim makanan. “Saya tidak kepikiran yang lain, yang ada di benak saya hanya bagaimana caranya makanan bisa cepat-cepat saya antarkan ke customer. Soalnya salah satu pesanannya ada es, takutnya cair dan mengubah rasa,” ujar Anton Budi saat ditanyakan alasan di balik tindakannya. Baru setelah pesanan sampai dengan baik, Anton langsung melapor ke polisi. Namun demikian, hingga sekarang belum ada tanda-tanda kemajuan dari laporan kehilangan yang ia ajukan. Sebagai bentuk apresiasi dari GOJEK atas layanan prima yang ditunjukkan oleh Anton, GOJEK memberikan hadiah berupa 1 unit sepeda motor. “Kami bangga dan sangat menghargai upaya Pak Anton dalam memberikan pelayanan terbaik bagi customer-nya. Sikap terpuji ini mewakili sikap segenap mitra driver GOJEK, dan kami harap akan semakin banyak cerita inspiratif yang kami dengar dari paracustomer tentang pengalaman positifnya saat menggunakan layanan GOJEK,” ujar Alvita.
Fitro customer GOJEK yang memesan GO-FOOD melalui jasa Anton tidak bisa menyembunyikan rasa kagumnya, “Saya sangat salut dengan Pak Anton yang masih mau bela-belain antar pesanan saya walau motornya sedang hilang, luar biasa bentuk rasa tanggung jawabnya kepada pekerjaan." ujarnya. Rasa harunya mendorong Fitro untuk secara spontan membagikan pengalamannya serta menggalang dana di platform Kitabisa.com untuk Anton. Tidak disangka, sambutan warganet sangat hangat terhadap kisah inspiratif Pak Anton. “Saya pribadi merasa di Indonesia perlu lebih banyak lagi orang-orang seperti Pak Anton, yang bertanggung jawab, tidak mengeluh, dan terus berjuang,” jelas Fitro, seperti yang dikutip di laman penggalangan dananya. Kata dia, pihaknya berharap melalui ragam apresiasi yang diberikan oleh perusahaan dancustomer, akan semakin banyak mitra driver GOJEK yang termotivasi untuk melayani masyarakat pengguna dengan sepenuh hati. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Azis Husaini