Goldman Sachs Tak Jual CDO Abacus di Jepang



TOKYO. Goldman Sachs Group Inc. memberikan pernyataan kepada klien mereka di Jepang bahwa tidak menjual produk collateralized debt obligation (CDO) mereka, Abacus, di negeri tersebut. Fakta ini terungkap melalui surat Goldman Sachs perwakilan Tokyo, Jepang yang diperoleh Bloomberg.

Dalam surat itu, Goldman juga menyatakan unit aset manajemen mereka di Jepang juga tidak turut serta dalam penyusunan maupun penjualan CDO ini. Perwakilan perusahaan siap mendatangi klien untuk member penjelasan, bila ada permintaan.

Hiroko Matsumoto, jurubicara Goldman Sachs Tokyo, membenarkan adanya surat tersebut. “Isinya berupa penjelasan bahwa CDO sintetis ini tidak dijual di Jepang,” kata Matsumoto.


Awal pekan ini, para klien di Jepang sudah menerima surat tersebut. Namun, Matsumoto menolak memberi penjelasan tentang respon klien Goldman di Jepang atas kasus CDO ini.

Pada 16 April lalu, Securities and Exchange Commission (SEC) menuntut Goldman atas produk CDO yang diduga curang. Surat tersebut juga menegaskan pernyataan mereka bahwa tuduhan SEC itu tak berdasar hukum dan tidak faktual.

Editor: