GoSend Siap Tingkatkan Daya Saing UMKM di Tahun 2025, Begini Strateginya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. GoSend, layanan pengiriman barang dari Gojek, bagian dari Grup GoTo (GOTO), terus memperkuat komitmennya dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia untuk tumbuh dan berkembang melalui platform digital. 

Dengan menghadirkan solusi logistik yang andal dan inovatif, GoSend membantu UMKM memperluas akses pasar sekaligus menjaga kualitas dan kecepatan pengiriman, demi meningkatkan kepuasan pelanggan.  

Head of Transport and Logistics Gojek, Steven Halim, menegaskan bahwa GoSend akan fokus pada tiga strategi utama untuk mendorong UMKM menjadi best seller di tahun 2025. Strategi tersebut mencakup inovasi layanan, penawaran spesial yang mendongkrak bisnis, serta edukasi dan jejaring pengetahuan bisnis. 


Salah satu inovasi terbarunya adalah peluncuran bertahap GoSend Instant Hemat yang menawarkan pengiriman cepat dengan harga lebih terjangkau berkat optimasi teknologi.  

"Dalam mempersiapkan para UMKM menjadi “Best Seller” di 2025, kami fokus pada tiga amunisi utama. Pertama, kami berkomitmen untuk terus berinovasi, salah satunya baru-baru ini kami meluncurkan layanan GoSend Instant Hemat secara bertahap. Opsi ini menawarkan pengiriman cepat dengan harga yang lebih terjangkau," kata Steven dalam paparannya, di Jakarta, Selasa (26/11).

Baca Juga: Strategi GoSend Dorong Kontribusi Positif bagi Pertumbuhan GoTo Hingga Akhir Tahun

GoSend juga menghadirkan berbagai layanan unggulan, seperti GoSend instant dengan jaminan pengiriman 1 jam, GoSend SameDay dengan waktu pengiriman 6–8 jam, serta GoSend Car untuk pengiriman barang dalam jumlah besar hingga 100 kilogram. 

Selain itu, fitur seperti  GoSend Multi Delivery, asuransi pengiriman hingga Rp50 juta, dan promo menarik seperti GoSend Flat Ongkir 5 ribu menjadi bagian dari dukungan GoSend kepada UMKM dalam menghadapi persaingan pasar.  

Dalam rangka meningkatkan kapabilitas UMKM, GoSend membentuk Komunitas Best Seller GoSend.  Komunitas ini menyediakan program eksklusif, seperti promosi produk melalui konten Best Seller Story dan RekomenGoSend bersama Ariel Noah. 

Hingga Oktober 2024, komunitas ini telah menjangkau pelaku usaha dari berbagai kategori, seperti makanan dan minuman (46%), kecantikan (31%), dan fashion (14%), dengan mayoritas anggota berasal dari Pulau Jawa.  

Sebagai bentuk edukasi, GoSend juga menggelar Ruang Belajar GoSend Summit 2024 yang menghadirkan pembicara inspiratif, seperti Ario Pratomo (Content Creator dan Entrepreneur), Rizky Arief (CEO HMNS), dan Fitria Vidyawati (Managing Director MKS Shoes). 

"Acara ini memberikan wawasan strategis kepada pelaku UMKM untuk menghadapi tantangan bisnis 2025, memanfaatkan momentum akhir tahun, dan meningkatkan daya saing," imbuhnya.

Dukungan GoSend bagi UMKM ini mendapat apresiasi Yulius, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI. Ia menyoroti pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta dalam memperkuat digitalisasi UMKM, yang saat ini berkontribusi hingga 60,51% terhadap PDB Indonesia dan menyerap 97% tenaga kerja nasional.  

"Kami sangat mengapresiasi atas inisiatif yang dilaksanakan oleh GoTo dalam mewujudkan komunitas yang ramah untuk pelaku usaha yang dikuatkan dalam Komunitas Best Seller GoSend. Kami berharap, kemitraan strategis dengan pihak swasta seperti Gojek ini dapat terus berlanjut agar dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan di masyarakat yang berkontribusi pada peningkatan perekonomian bangsa Indonesia," pungkasnya.

Baca Juga: DJP Sebut Kenaikan PPN 12% Sudah Ditetapkan Sejak Lama

Selanjutnya: Penghapusan BPHTB & PBG Progam 3 Juta Rumah Turunkan Beban Konsumen Sampai Rp 6 Juta

Menarik Dibaca: 5 Tanda Kulit Butuh Serum Vitamin C, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati