Gratiskan Biaya Transaksi bagi Merchant, GoPay Dorong Perluasan Adopsi QRIS



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. GoTo Financial, unit bisnis financial technology GoTo mendukung perluasan adopsi QRIS, dengan menghadirkan program bebas biaya transaksi untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Group Head of Merchant Services GoTo Financial Haryanto Tanjo mengatakan, program ini dapat langsung dimanfaatkan oleh UMKM yang mengunduh dan mendaftarkan usahanya di aplikasi GoPay Merchant mulai September 2024. 

Inisiatif ini juga menjadi bagian dari komitmen GoTo Financial untuk mendukung perkembangan bisnis para pelaku UMKM.


"QRIS dapat mendukung operasional dan kemajuan usaha pelaku UMKM. Selain membuat pembayaran digital menjadi lebih mudah dan cepat, QRIS juga memperluas akses pasar bagi UMKM," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (24/9).

Baca Juga: GOTO Berupaya Capai Titik Impas

Haryanto menilai, saat ini masih banyak UMKM yang masih ragu untuk menggunakan QRIS karena khawatir proses pendaftaran yang kompleks dan memakan waktu serta adanya potongan biaya transaksi.

Untuk itu, GoTo menghadirkan aplikasi GoPay Merchant, di mana pendaftaran QRIS dapat dilakukan dengan cepat sehingga merchant langsung mendapatkan kode QRIS untuk bertransaksi. 

Dengan adanya aplikasi GoPay Merchant dan juga program gratis biaya transaksi, pihaknya berharap adopsi QRIS di Indonesia menjadi semakin luas dan lebih banyak UMKM Indonesia yang go digital.

Selain gratis biaya transaksi QRIS, beragam keunggulan yang bisa dinikmati UMKM dengan menggunakan Aplikasi GoPay. Di antaranya, proses pendaftaran QRIS yang mudah dan cepat, pencairan hasil penjualan dapat dilakukan kapan saja, dan opsi berlangganan perangkat GoPay Spiker.

Baca Juga: Panduan Cara Top Up GoPay via BRI di Aplikasi BRImo hingga ATM

"GoPay Spiker mempermudah merchant dalam memverifikasi transaksi dan mencegah adanya transaksi yang tidak sesuai nominal maupun palsu. Merchant cukup mendengar notifikasi suara dari perangkat GoPay Spiker yang mengeluarkan notifikasi berupa suara untuk tiap nominal transaksi QRIS yang dilakukan pelanggan," tuturnya.

Adapun program gratis biaya transaksi QRIS dari GoPay berlaku untuk para UMKM yang memiliki skala usaha Mikro untuk transaksi yang bernilai di bawah Rp 100.000, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Selanjutnya: Promo Minyak Goreng 2 Liter di Alfamart s/d 25 September 2024, Harga Berlaku Nasional

Menarik Dibaca: Promo Minyak Goreng 2 Liter di Alfamart s/d 25 September 2024, Harga Berlaku Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi