Gula Darah Setelah Makan Normalnya Berapa? Cek di Sini, yuk



MOMSMONEY.ID - Banyak ditanyakan, gula darah setelah makan normalnya berapa? Ini jawabannya.

Mengetahui kadar gula darah setelah makan penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk memantau risiko diabetes.

Gula darah adalah jumlah glukosa yang terdapat dalam aliran darah kita, yang berfungsi sebagai sumber energi utama tubuh.


Glukosa berasal dari makanan yang kita konsumsi, khususnya dari karbohidrat. Ketika kadar gula darah naik terlalu tinggi atau terlalu rendah, hal itu bisa memengaruhi fungsi tubuh.

Baca Juga: Inilah Kadar Gula Darah Normal Usia 60 Tahun ke Atas, Cek Selengkapnya!

Lalu, gula darah setelah makan normalnya berapa? Melansir dari laman Healthline, kadar gula darah normal setelah makan adalah sebagai berikut:

  • Orang dewasa dengan diabetes: < 180 mg/dL (1-2 jam setelah makan)
  • Orang dewasa tanpa diabetes: < 140 mg/dL
  • Anak-anak dan remaja: biasanya < 180 mg/dL
  • Ibu hamil: < 120 mg/dL (2 jam setelah makan) atau < 140 mg/dL (1 jam setelah makan)
Baca Juga: Mengenal Apa Itu Akantosis Nigrikans, Berkaitan dengan Leher Hitam Diabetes?

Biasanya, dalam 2 jam setelah makan, kadar gula darah akan kembali ke level normal. Namun, hal ini dapat berbeda tergantung jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi serta dosis insulin yang digunakan.

Pada anak-anak, remaja, atau lansia dengan diabetes, kisaran kadar gula darah setelah makan mungkin lebih longgar, tergantung pada kebutuhan kesehatan spesifik mereka.

Baca Juga: 5 Minuman Tinggi Antioksidan yang Bagus untuk Penderita Diabetes

Itulah ulasan lengkap terkait gula darah setelah makan normalnya berapa. Setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi akan dipecah oleh tubuh, diserap, dan diubah menjadi glukosa untuk menyediakan energi.

Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi, seperti roti putih, makanan manis, dan makanan bertepung, dicerna dengan cepat dan menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat.

Sebaliknya, makanan dengan indeks glikemik rendah, serta yang mengandung lemak dan protein, dicerna lebih lambat sehingga kenaikan kadar gula darah terjadi secara bertahap.

Baca Juga: Apa Khasiat Minum Serai untuk Kesehatan Tubuh? Intip 15 Khasiatnya di Sini

Pada penderita diabetes, tubuh tidak memproduksi atau menggunakan insulin dengan baik untuk mengatur gula darah secara alami.

Karena itulah, kadar glukosa mereka sering kali lebih tinggi dibandingkan orang yang tubuhnya dapat memproduksi insulin secara normal.

Semoga informasi tentang gula darah setelah makan normalnya berapa di atas bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Sri Mulyani dan Basuki Bagi-bagi Aset Rp 19,26 Triliun untuk Kepentingan Rakyat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas