Gunung Sewu tambah porsi SIPD



JAKARTA. PT Great Giant Pineapple, perusahaan di bawah Grup Gunung Sewu, kembali menambah porsi kepemilikan sahamnya di PT Sierad Produce Tbk (SIPD). Kali ini, Great Giant membeli 146,16 juta saham SIPD di harga Rp 840 per saham. Nilai transaksi ini mencapai sekitar Rp 122,7 miliar.

Transaksi ini dilakukan pada 18 Mei lalu. Kini Great Giant memiliki 219,77 juta  unit atau 23,4% saham SIPD. "Tujuan transaksi untuk investasi jangka panjang," ungkap FX Awi Tantra, Sekretaris Perusahaan SIPD kepada otoritas Bursa Efek Indonesia, Selasa (26/5).

Great Giant merupakan produsen nanas segar dan nanas kaleng. Perusahaan ini sempat bertindak sebagai pembeli siaga rights issue SIPD.


SIPD berniat menggelar  rights issue dan menawarkan 2,1 miliar saham baru. Adapun harga pelaksanaannya Rp 520 per saham. Dari aksi ini, SIPD akan meraih dana Rp 1,09 triliun. Sekitar 91% dana hasil righs issue digunakan untuk membeli Obligasi Wajib Tukar (OWT) yang dirilis Great Giant di harga Rp 1 triliun. Langkah ini merupakan strategi SIPD  mempercepat transformasi bisnis.

Great Giant memiliki anak usaha di bidang peternakan sapi, PT Great Giant Livestock. SIPD telah membuat perjanjian dengan Great Giant  untuk menukarkan OWT dengan 80% atau 6.616 saham Great Giant Livestock. Alhasil, SIPD bisa memegang kendali Great Giant Livestock. Kemarin, harga SIPD turun 0,67% jadi Rp 745 per saham. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto