Hadapi Ketidakpatian Ekonomi Global, 2 Sektor Ini Perlu Jadi Fokus Pemerintah



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perekonomian global masih akan dihadapi ketidakpastian yang tinggi di tahun depan. Untuk itu, perlu dilakukan langkah-langkah kebijakan yang tepat untuk menghadapi perekonomian 2023.

Ekonom Senior Indef Aviliani menilai bahwa pemerintah perlu fokus dalam memperkuat sektor-sektor yang bisa berpotensi menjaga perekonomian Indonesia dan mendongkrak nilai ekspor. Sektor tersebut adalah sektor pangan dan energi.

"Pangan dan energi menurut saya industri pokok penting yang perlu dipikirin oleh pemerintah. Mana sih industri yang punya kompentisi yang tinggi untuk kita berikan insentif dan itu menjadi andalan ekspor kita," ujar Avi dalam  acara Indef: Efek Resesi Global Terhadap Ekonomi Politik Indonesia 2023, Selasa (13/12).

Dari sektor pangan, Avi melihat bahwa sektor tersebut harus menjadi perhatian pemerintah lantaran Indonesia memiliki potensi yang besar dari segi pertanian jika dibandingkan dengan negara lain. Oleh karena itu, sektor pangan menjadi sektor penting dalam menjaga ketahanan pangan di dalam negeri.

"Jadi industri pangan itu penting, (akan ada) krisis pangan dunia, kita harus ambil momentum itu karena kita lebih punya potensi," katanya.

Baca Juga: Wall Street Melonjak Setelah Inflasi AS Lebih Rendah Ketimbang Prediksi

Sama halnya dengan sektor pangan, Avi menilai bahwa sektor energi juga harus menjadi fokus pemerintah. Pasalnya, saat ini kebutuhan akan energi menjadi fokus banyak negara lantaran kebutuhan energi semakin meningkat permintaannya.

Ia menegaskan, apabila Indonesia tidak mampu memperbaiki struktur ekspor, maka yang terjadi adalah neraca dagang Indonesia akan mengalami defisit. Pada akhirnya, hal tersebut juga akan berimbas kepada nilai tukar Rupiah yang kian melemah.

"Nilai tukar kita itu kan selalu melemah, menguat sebentar, melemahnya lebih banyak sehingga kesenjangan itu akan terjadi," tutur Avi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto