Hadiri KTT ASEAN Ke-36, Jokowi tekankan dua tantangan besar negara di dunia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo menghadiri KTT ASEAN ke-36 secara virtual, Jumat (26/6). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan, ada dua tantangan yang dihadapi negara-negara di dunia saat ini.

"Presiden dalam statemen nasionalnya mengatakan, dunia termasuk negara-negara di kawasan ASEAN saat ini sedang menghadapi dua tantangan besar yaitu penanganan Covid-19 dan dampaknya, yaitu dampak sosial ekonominya," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsuadi, hari ini. 

Kedua tantangan tersebut, menurut Jokowi, semakin berat melihat situasi global yang saat ini sangat dinamis. Terlebih, terdapat peningkatan persaingan antara negara-negara dengan kekuatan besar, besarnya pesimisme atas multilateralisme, serta rule based order yang seakan banyak dilanggar.

Baca Juga: Pejabat saling adu pedang di Asia Tenggara, hubungan China-AS kian membara

"Dengan kondisi perubahan geopolitik seperti sekarang ini, Presiden RI menekankan pentingnya ASEAN dalam menavigasi perubahan ini," ujar Retno.

Meski begitu, Jokowi pun mengatakan ASEAN akan tetap mampu melewati masa sulit saat ini dan tantangan di masa depan. Apalagi, dalam 5 dekade terakhir, ASEAN telah memiliki pondasi yang cukup kuat sebagai komunitas dalam menghadapi berbagai perubahan yang ada.

Adapun, dalam pertemuan tersebut Jokowi juga menekankan dua hal yakni pentingnya ASEAN memperkuat kerja sama percepatan pemulihan ekonomi ASEAN serta pentingnya penguatan kerja sama di kawasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari