Hadirkan 10 kapal baru, WINS bidik pertumbuhan 35%



JAKARTA. Jika emiten transportasi kapal banyak yang sibuk mengurus masalah utang, berbeda halnya dengan PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS). Emiten penyewaan kapal pengangkut minyak ini justru menambah target pengadaan kapal barunya.

Jika sebelumnya, WINS ingin membeli delapan kapal baru, kali ini manajemen memutuskan untuk menambahnya menjadi sepuluh kapal baru. Langkah tersebut diambil dengan alasan, WINS akan fokus untuk menggarap kapal segmen high tier.

Sugiman Layanto, Managing Director WINS, mengaku, dari sepuluh kapal itu, tujuh kapal diantaranya sudah datang. "Sementara sisanya akan didatangkan mulai pertengahan tahun ini," imbuh Sugiman di Jakarta, Kamis (20/6).


Lebih jauh Sugiman menjelaskan, setiap kapal memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk ketujuh kapal yang sudah datang, harganya sekitar US$ 20 juta. Sementara sisa tiga kapal lagi harganya sekitar US$ 12 juta. Kapal-kapal itu, selain didatangkan dari China juga didatangkan dari dalam negeri.

Untuk kapal-kapal itu, manajemen menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar US$ 60 juta - US$ 75 juta. Semua sumber pendanaan berasal dari kas internal dan pinjaman bank.

"Dengan sepuluh kapal itu, kami harapkan pendapatan perusahaan tumbuh 30% - 35%," pungkas Sugiman. Catatan saja, WINS membukukan pendapatan US$ 124,12 juta tahun 2012 lalu atau, naik 7% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya senilai US$ 115,92 juta.

Kenaikan pendapatan ini turut mengerek laba bersih WINS yang mengalami pertumbuhan 23% menjadi US$ 20,2 juta dari sebelumnya US$ 16,36 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri