SHANGHAI. Perusahaan kargo Hanjin Shipping Co Ltd asal Korea Selatan mengumumkan kebangkrutan pada bulan lalu. Perusahaan ini harus berjuang sendiri mencari jalan keluar untuk membayar utang-utang dan mengurus kargo yang terbengkalai di banyak tempat. Pemerintah Korea Selatan menyerahkan seluruh proses kepada pengadilan niaga. Pemerintah maupun bank sentral tidak akan memberi suntikan dana langsung kepada Hanjin. Sejauh ini, pemerintah hanya mengatur dan memastikan penyebaran kapal pengganti yang tadinya dilalui kapal Hanjin, untuk meminimalisir efek dari kebangkrutan perusahaan ini. Sebanyak 63 armada kapal milik Hanjin yang seharga US$ 1,76 miliar menurut estimasi lembaga penilai VesselsValue, masih belum cukup menutup utang Hanjin yang sebesar US$ 5,5 miliar. Hanjin juga menyewa sekitar 78 kapal untuk operasional. Sekitar 2/3 kapal tidak beroperasi secara penuh, termasuk sejumlah kapal disita atau dilarang masuk pelabuhan karena tidak ada ketidakpastian pembayaran seiring kebangkrutan perusahaan ini. Hanjin butuh setidaknya US$ 100 juta untuk membayar kargo dan regulasi bongkar angkut di seluruh rute operasionalnya.
Hanjin butuh US$ 100 juta untuk urus kargo
SHANGHAI. Perusahaan kargo Hanjin Shipping Co Ltd asal Korea Selatan mengumumkan kebangkrutan pada bulan lalu. Perusahaan ini harus berjuang sendiri mencari jalan keluar untuk membayar utang-utang dan mengurus kargo yang terbengkalai di banyak tempat. Pemerintah Korea Selatan menyerahkan seluruh proses kepada pengadilan niaga. Pemerintah maupun bank sentral tidak akan memberi suntikan dana langsung kepada Hanjin. Sejauh ini, pemerintah hanya mengatur dan memastikan penyebaran kapal pengganti yang tadinya dilalui kapal Hanjin, untuk meminimalisir efek dari kebangkrutan perusahaan ini. Sebanyak 63 armada kapal milik Hanjin yang seharga US$ 1,76 miliar menurut estimasi lembaga penilai VesselsValue, masih belum cukup menutup utang Hanjin yang sebesar US$ 5,5 miliar. Hanjin juga menyewa sekitar 78 kapal untuk operasional. Sekitar 2/3 kapal tidak beroperasi secara penuh, termasuk sejumlah kapal disita atau dilarang masuk pelabuhan karena tidak ada ketidakpastian pembayaran seiring kebangkrutan perusahaan ini. Hanjin butuh setidaknya US$ 100 juta untuk membayar kargo dan regulasi bongkar angkut di seluruh rute operasionalnya.