Hankook Tire Pasok Ban Smart City AU06 Khusus untuk Bus Listrik Transjakarta



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hankook Tire, pelopor produsen ban listrik untuk segmen Truck and Bus Radial (TBR) melalui lini ban Smart City AU06 yang pertama kali diperkenalkan di pasar Korea pada Oktober 2022 dan kini telah hadir di Indonesia. Ban tersebut hadir untuk mendukung operasional armada bus listrik milik PT Transportasi Jakarta (TransJakarta). Langkah ini bertujuan untuk mendukung transportasi rendah emisi dan peningkatan kualitas udara melalui elektrifikasi transportasi publik, sejalan dengan Rencana Strategis Pemerintah untuk mencapai target 90% elektrifikasi transportasi publik pada tahun 2030. Hankook Tire melalui distributornya, PT Paderona Arthajaya, telah menyuplai ban berukuran 275/70R225 AU06 untuk Perusahaan Operator unit bus listrik TransJakarta sejak awal tahun 2024. Dengan pemantauan secara intensif, sejauh ini ban Smart City AU06 memberikan performa yang lebih baik dari segi umur pakai, serta  efisiensi energi dibanding dengan ban Truck & Bus Radial (TBR) konvensional. Presiden Direktur PT Hankook Tire Sales Indonesia, Yoonsoo Shin menjelaskan, pihaknya ingin mendukung tujuan emisi rendah karbon melalui elektrifikasi transportasi umum. "Sebagai salah satu sistem transportasi terbesar di Indonesia dengan 1,3 juta penumpang harian, operator TransJakarta adalah mitra strategis penting bagi Hankook Tire. Kerja sama ini merupakan langkah signifikan dalam mengakselerasi pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia," jelas dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (1/10).

Baca Juga: Industri Ban Nasional Masih Diliputi Ketidakpastian Lebih lanjut, Ahmad Juweni, National Sales Manager TBR Hankook Tire Sales Indonesia menekankan pentingnya penggunaan ban yang sesuai untuk bus listrik. Bus listrik membutuhkan ban khusus karena torsi yang jauh lebih besar dibandingkan bus konvensional. Torsi tinggi ini memerlukan daya cengkeram ban yang sangat kuat untuk menghindari risiko selip, terutama saat membawa beban berat mengingat bus listrik menggunakan baterai penggerak. Setelah pemakain sekitar 6-7 bulan di salah satu operator TransJakarta, perkiraan umur pakai ban Hankook Smart City AU06 mencapai 20%-40% lebih panjang dibandingkan ban konvensional. Hal ini berkat desain pola tapak blok rigid dengan area kontak yang lebih lebar, sehingga membantu mendistribusikan tekanan secara merata yang berujung pada ban yang lebih tahan terhadap keausan dan deformasi. "Selain itu, bus listrik biasanya lebih berat dibandingkan bus biasa, jadi memerlukan ban yang kuat, seperti yang terlihat dari spesifikasi Indeks Beban dan Ply Rating yang lebih tinggi," kata Ahmad. Hasil pengujian di Pusat Hankook Korea menunjukkan bahwa Smart City AU06 memiliki hambatan gulir 18% lebih rendah dibanding ban TBR Konvensional Hankook berkat pola alur berbentuk Z pada sisi kanan dan kiri tapak ban yang dirancang untuk mengurangi kebisingan saat ban bersentuhan dengan jalan. Bagian tengah tapak dilengkapi dengan knurling atau pola-pola kecil yang dirancang untuk meningkatkan daya cengkeram ban dalam kondisi basah maupun kering. Semua teknologi ini membuat Smart City AU06 mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman. Selain itu, ban ini juga mampu penghematan energi dibandingkan ban konvensional, berkat teknologi alur saklar dan lapisan permukaan dengan desain pola gelombang tiga dimensi.

Baca Juga: Hankook Tire Global Catat Kenaikan Penjualan 2,4% pada Kuartal II 2024 Ahmad melanjutkan, inovasi teknologi pada ban Smart City AU06 dirancang untuk mendukung operator bus dalam mencapai efisiensi operasional. Dengan umur pakai yang lebih panjang, operator bus dapat mengurangi frekuensi penggantian ban yang pada akhirnya menekan biaya operasional dan perawatan. "Efisiensi energi yang ditawarkan oleh ban ini juga membantu mengurangi konsumsi energi, sejalan dengan upaya menekan biaya operasional dan meningkatkan profitabilitas,” ujar Ahmad. Kini ban Smart City AU06 ini juga sudah tersedia di jaringan distributor Hankook Indonesia dengan layanan konsultasi dan panduan perawatan untuk memastikan kondisi ban tetap optimal sebelum digunakan. Dengan layanan proaktif ini, Hankook Tire bertujuan untuk memberikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman dengan ban yang selalu dalam kondisi terbaik. Melalui inovasi ini, Hankook Tire tidak hanya mendukung langkah pemerintah Indonesia menuju transportasi yang lebih ramah lingkungan, tetapi juga berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi ban yang unggul, efisien, dan berkelanjutan bagi pengguna jalan di seluruh Indonesia.


Selanjutnya: Harga Pangan Hari Ini (1/10): Beras, Bawang Merah, Cabai Rawit Merah, Gula Naik

Menarik Dibaca: Kenali Kelezatan Citarasa Anggur Australia Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih