KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan ban global Hankook Tire & Technology, mengumumkan hasil laporan keuangan perusahaan tahun 2022 yang menunjukan rekor penjualan global tertinggi sepanjang masa. Hankook Tire memperoleh penjualan sebesar 8.394,2 miliar Korea Won (KRW) dengan laba operasional mencapai 705,7 miliar KRW. Peningkatan persentase penjualan dan laba operasional masing-masing sebesar 17,5% dan 9,9% secara tahunan. Rekor peningkatan penjualan tahunan tersebut didorong oleh ekspansi produk bernilai tinggi dan strategi penetapan harga yang tepat untuk melewati kondisi ekonomi global dengan memperhatikan kenaikan biaya bahan baku dan disrupsi rantai pasokan global pada paruh pertama tahun 2022. "Peningkatan laba perusahaan juga didorong stabilitas biaya bahan baku dan logistik pada paruh kedua tahun 2022, ditambah menguatnya nilai mata uang dan meningkatnya permintaan ban original equipment," ungkap Manajemen Hankook Tire dalam siaran pers, Kamis (9/2).
Penjualan ban berdiameter besar menjadi salah satu faktor dominan penyumbang kenaikan penjualan Hankook Tire. Kemudian, penjualan global ban mobil penumpang berukuran 18 inci atau lebih berkontribusi sebanyak 40,8% dari total penjualan ban mobil penumpang perusahaan. Nilai tersebut meningkat sebanyak 3,1% secara tahunan atau year on year (yoy).
Baca Juga: Hankook Jadi Mitra Ban Eksklusif Lamborghini Super Trofeo Pada kuartal IV-2022, Hankook Tire meraih penjualan sebanyak 43,9% atau meningkat 5,0% (yoy). Berdasarkan wilayah regional, Hankook Tire mengalami pertumbuhan terbesar untuk ban mobil penumpang 18 inci atau lebih di pasar China dengan peningkatan 12,4% (yoy) atau 58,8% apabila dibandingkan kuartal sebelumnya. Selanjutnya, diikuti dengan penjualan di Korea Selatan dengan peningkatan sebesar 5,7% (yoy) atau 53,5% secara kuartalan, pasar Eropa sebesar 3,4% (yoy) atau 32,5% secara kuartalan, dan pasar Amerika Utara meningkat sebesar 2,5% (yoy) atau 51,9% secara kuartalan. Khusus kuartal IV-2022, Hankook Tire meraih penjualan global terkonsolidasi sebesar 2.263,8 miliar KRW dan laba operasional sebesar 212 miliar KRW. Angka ini masing-masing meningkat 19,9% dan 140,1% secara tahunan pada kuartal keempat. Namun, permintaan konsumen terhadap replacement equipment tire sedikit menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena adanya inflasi. Pada tahun 2022, secara keseluruhan, Hankook Tire meningkatkan kehadirannya di pasar kendaraan listrik (EV). Rangkaian ban pertama Hankook yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik premium berkinerja tinggi, yang dinamai iON telah diluncurkan di beberapa wilayah. Hankook terus menyediakan pasokan OE untuk model kendaraan listrik dari para produsen mobil global, termasuk BMW i4, Audi Q4 e-tron, Hyundai IONIQ 6, Toyota bZ4X, dan Škoda Enyaq iV. "Selain itu, Hankook memulai debutnya sebagai pemasok eksklusif dan mitra teknis dari seri balap mobil listrik pertama di dunia, Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E," terang Manajemen Hankook Tire. Keunggulan Hankook dalam teknologi ban telah diakui dalam berbagai pengujian ban oleh majalah otomotif ternama di dunia. Salah satunya, Hankook Kinergy 4S 2 menunjukkan penjualan terkuat di pasar Eropa, dengan memenangkan tes uji ban di berbagai cuaca selama dua tahun berturut-turut oleh majalah otomotif terkemuka di Inggris, Auto Express. Di sisi lain, SUV Ventus S1 evo 3 dinobatkan sebagai pemenang pengujian di majalah Auto Bild Allrad, majalah kendaraan segala medan terbesar di Eropa.
Baca Juga: Hankook Tire akan melengkapi kendaraan serba listrik pertama Toyota, bZ4X Sementara itu, Hankook Tire terus memperkuat kepemimpinannya dalam aspek Environmental, Social and Governance (ESG). Perusahaan ini terpilih untuk ketujuh kalinya secara berturut-turut ke dalam daftar Dow Jones Sustainability Indices (DJSI dunia) untuk keberlanjutan yang unggul di industri tersebut. Pada akhir 2023, Hankook Tire menargetkan pertumbuhan penjualan lebih dari 5% (yoy) dan meningkatkan jumlah ban berukuran besar di antara total penjualan ban mobil penumpang menjadi 45%. Perusahaan ini juga berupaya untuk meningkatkan jumlah pasokan Original Equipment (OE) untuk model kendaraan listrik sebanyak 20% di antara semua kontrak OE mobil penumpang dan truk ringan. Secara keseluruhan, Hankook Tire akan fokus meningkatkan penjualan di pasar utama, memperkuat kemitraan dengan produsen mobil premium, dan mempertahankan kepemimpinan di lini ban kendaraan listrik. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Herlina Kartika Dewi