JAKARTA. Perjuangan usaha kecil menengah (UKM) memperluas pasar agaknya sulit untuk dilakukan. Sebab, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menemukan, baru sedikit UKM yang berhasil menjadi pemasok untuk kebutuhan ritel modern. Sri Agustina, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag menjelaskan, jumlah UKM yang berhasil jadi pemasok industri ritel tersebut kurang dari 1.000 pelaku UKM. "Total UKM yang kami fasilitasi ada 4.725 pelaku. Dari angka itu baru 18% yang berhasil jadi pemasok ritel," terang Sri dalam jumpa persnya di kantornya, Jakarta, Jumat (3/5). Itu artinya, baru ada 850 pelaku UKM yang berhasil jadi pemasok ke ritel modern yang memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Menurut Sri, dari jumlah UKM itu, sektor UKM pangan yang paling mendominasi menjadi pemasok ke ritel modern.
Hanya 850 UKM bisa memasok produk ke ritel modern
JAKARTA. Perjuangan usaha kecil menengah (UKM) memperluas pasar agaknya sulit untuk dilakukan. Sebab, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menemukan, baru sedikit UKM yang berhasil menjadi pemasok untuk kebutuhan ritel modern. Sri Agustina, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag menjelaskan, jumlah UKM yang berhasil jadi pemasok industri ritel tersebut kurang dari 1.000 pelaku UKM. "Total UKM yang kami fasilitasi ada 4.725 pelaku. Dari angka itu baru 18% yang berhasil jadi pemasok ritel," terang Sri dalam jumpa persnya di kantornya, Jakarta, Jumat (3/5). Itu artinya, baru ada 850 pelaku UKM yang berhasil jadi pemasok ke ritel modern yang memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Menurut Sri, dari jumlah UKM itu, sektor UKM pangan yang paling mendominasi menjadi pemasok ke ritel modern.