Hanya pemegang e-KTP yang bisa dapat BLT



JAKARTA. Rakyat miskin yang layak mendapat bantuang langsung tunai, tetapi belum memiliki e-KTP, silakan gigit jari. Pemerintah memutuskan hanya memberikan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) hanya untuk mereka yang sudah memiliki electronic-KTP (e-KTP).

Menurut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, pemerintah akan mendata masyarakat miskin yang harus mendapat bantuan dengan menggunakan data yang ada dalam e-KTP. "Jadi yang menerima bantuan nantinya, datanya diambil dari e-KPT supaya lebih valid," ujar Gamawan, Selasa (30/4).

Masalahnya, sampai saat ini, banyak masyakarat yang belum memiliki e-KTP, meski sudah didata dan difoto. Karena itu, Gamawan menjanjikan, pihaknya masih terus memperbanyak e-KTP. Ia menargetkan, akhir tahun 2013 ini, seluruh penduduka Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas, sudah memiliki e-KTP. Dengan demikian, pemerintah akan dengan mudah mendata mana masyarakat yang harus mendapatkan dana bantuan dan mana yang tidak.Pemerintah berencana mengucurkan empat macam program kompensasi bagi masyarakat miskin akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Kompensasi tersebut berupa beras untuk masyarkat miskin (Raskin), dana bantuan siswa miskin (BSM), program keluarga harapan (PKH) dan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM ).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Amal Ihsan