Harga emas bisa menyentuh US$ 1.600 per ons troi dalam waktu dekat



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang Januari 2020 harga komoditas emas masih mencatatkan kinerja positif dengan mencatatkan pertumbuhan 3,52% di level US$ 1.587,90 per ons troi dan semakin mendekati level psikologis di area resistance.

Mengutip Bloomberg, pergerakan harga emas di Commodity Exchange (Comex) pada perdagangan Jumat (7/2) tercatat menguat 0,22% ke level US$ 1.573,40 per ons troi.

Baca Juga: Cenderung lesu di awal tahun, harga perak masih berpeluang naik

Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf mengakui pergerakan emas Januari 2020 cukup positif. Bahkan, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat harganya akan menyentuh level psikologis US$ 1.600 per ons troi.

"Mungkin di kuartal pertama atau kuartal kedua tahun ini, harga emas berpotensi menyentuh level psikologisnya," jelas Alwi kepada Kontan, Minggu (9/2).

Menurutnya, penguatan emas yang terjadi di awal tahun tidak lepas dari sentimen panas yang terjadi di awal tahun. Pertama, terkait kesepakatan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China yang berhasil dicapai awal tahun ini.

Teranyar, China juga telah memangkas tarif impor sebanyak US$ 75 miliar terhadap barang-barang AS.

Baca Juga: Pergerakan platinum dan paladium bakal mengekor kenaikan harga emas

Selain itu, investor cenderung memilih safe haven di tengah ketidakpastian kondisi global. Terutama sejak kabar penyebaran virus corona yang saat ini telah memakan korban jiwa hingga ratusan orang di lebih dari 20 negara.

Editor: Noverius Laoli