Harga Emas Melemah Meski Bersiap untuk Kenaikan Mingguan Ketiga Berturut-turut



KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Harga emas turun di tengah hari ini tetapi menuju kenaikan mingguan ketiga berturut-turut karena meningkatnya ketegangan geopolitik yang meningkatkan daya tarik safe haven. Sementara, harga  paladium bersiap untuk minggu terbaiknya dalam tiga pekan.

Jumat (25/10) pukul 12.00 WIB, harga emas spot turun 0,4% menjadi US$ 2.725,73 per ons karena investor membukukan keuntungan setelah reli yang memecahkan rekor. Harga mencapai rekor tertinggi di US$ 2.758,37 per ons troi pada hari Rabu dan naik 0,2% sejauh ini dalam minggu ini.

Sejalan, harga emas berjangka melemah 0,4% menjadi US$ 2.738,2 per ons troi.


Serangan Israel menewaskan sedikitnya 17 orang di sebuah sekolah di Gaza tengah. Negosiator AS dan Israel akan berkumpul di Doha untuk mempersiapkan pembicaraan baru mengenai kesepakatan gencatan senjata Gaza.

Baca Juga: Harga Emas Antam Tak Bergerak di Level Rp 1.529.000 Per Gram Pada Hari Ini (25/10)

Di tempat lain, jajak pendapat menunjukkan persaingan menuju Gedung Putih masih terlalu ketat untuk diprediksi, dengan waktu kurang dari dua minggu sebelum pemilihan presiden 5 November.

"Pemilihan ini lebih dinamis dan tidak dapat diprediksi daripada banyak pemilihan sebelumnya. Volatilitas seperti itu menciptakan minat tambahan pada emas," kata Julia Khandoshko, CEO di pialang Eropa Mind Money.

"Dalam tiga bulan ke depan, emas mungkin mencapai US$ 2.800 per ons troi, dan dari perspektif tahunan, dapat melampaui batasan psikologis penting $3.000."

Harga palladium turun 2,1% menjadi US$ 1.133 per ons troi setelah mencapai titik tertinggi sepuluh bulan pada hari Kamis, dan naik 5% untuk minggu ini sejauh ini.

AS meminta negara-negara sekutu Grup Tujuh untuk mempertimbangkan sanksi terhadap paladium dan titanium Rusia, Bloomberg News melaporkan. Nornickel Rusia adalah produsen paladium terbesar di dunia.

"Kemungkinan gangguan pasokan Rusia muncul saat pasar lainnya berjuang untuk mempertahankan produksi," kata Daniel Hynes, ahli strategi komoditas senior di ANZ.

Baca Juga: Daftar Lengkap Harga Emas Antam Logam Mulia untuk Hari Ini, 25 Oktober 2024

Harga perak spot turun 0,7% menjadi US$ 33,46 per ons troi, setelah mencapai level tertinggi sejak 2012 awal minggu ini.

"Perak mulai mengejar emas. Ia diuntungkan dari peran gandanya sebagai nilai moneter dan sebagai logam industri dengan pertumbuhan yang didorong oleh pertumbuhan fotovoltaik yang sangat pesat," kata Paul Wong, ahli strategi pasar di Sprott Asset Management.

Sejalan, harga platinum turun 1,3% menjadi US$ 1.013,3 per ons troi.

Tonton: Cuan 22,80% Setahun, Cek Harga Emas Antam Hari Ini (25 Oktober 2024)

Selanjutnya: IHSG Turun ke 7.706 di Sesi I Jumat (25/10), Ini Barisan Top Gainers & Losers Bursa

Menarik Dibaca: Konsumsi 7 Jenis Buah yang Bagus untuk Asam Urat Berikut Ini, yuk!

Editor: Anna Suci Perwitasari