Harga Emas Memudar Seiring Penguatan Dolar AS Menjelang Pertemuan The Fed



KONTAN.CO.ID - LONDON. Emas harga tergelincir pada hari Senin karena tertekan oleh penguatan dolar seiring sikap investor yang bersiap untuk menghadapi kenaikan suku bunga agresif oleh Federal Reserve AS dan bank sentral lainnya pada minggu ini dalam upaya untuk menjinakkan inflasi yang tinggi. 

Harga emas di pasar spot turun 0,8% ke level US$ 1.661,65 per ons troi pada 0724 GMT. Sementara harga emas berjangka AS turun 0,8% menjadi US$ 1,670,80 per ons troi. 

Indeks dolar naik 0,3%, dengan posisi greenback yang lebih kuat membuat harga emas batangan jadi lebih mahal bagi investor yang menggunakan mata uang lainnya. 

"Kita akan melihat beberapa perdagangan bergerak sideways yang berombak menjelang pertemuan FOMC, dengan posisi US$ 1.680 kemungkinan menjadi level penting bagi para investor dalam waktu dekat," kata analis City Index Matt Simpson, mengacu pada pertemuan kebijakan Fed yang akan segera terjadi. 

Baca Juga: Harga Minyak Rebound di Awal Pekan, Didukung Meningkatnya Prospek Permintaan

Komite Pasar Terbuka Federal The Fed akan memulai pertemuan dua hari tentang suku bunga pada 20 September dan mengumumkan keputusannya pada hari berikutnya. 

Pasar sepenuhnya memperkirakan kenaikan suku bunga sebesar 75 basis poin oleh bank sentral AS. Sebagian besar pertemuan bank sentral di seluruh dunia pada minggu ini diperkirakan akan meningkatkan suku bunga, dengan pasar terpecah pada apakah Bank of England akan naik 50 atau 75 basis poin. 

"Risiko geopolitik dan ekonomi yang meningkat tidak banyak berpengaruh untuk menarik minat beli, dengan dolar AS masih menjadi aset pilihan," kata analis ANZ dalam sebuah catatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi