Harga emas naik ditopang ekspektasi stimulus global



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas kembali naik didorong ekspektasi global tentang langkah-langkah stimulus untuk mengatasi kerusakan ekonomi yang disebabkan oleh wabah virus corona. Selasa (7/4) pukul 09.50 WIB, harga emas untuk pengiriman Juni 2020 di Commodity Exchange ada di US$ 1.709 per ons troi, naik 0,89% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 1.693,90 per ons troi.

"Permintaan fisik terus mendominasi dan mendukung harga emas. Sejumlah besar stimulus secara efektif mendelusi mata uang sehingga permintaan emas datang dari segala arah," kata Phil Streible, kepala strategi pasar Blue Line Futures seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Harga emas spot melonjak 0,64%, kekhawatiran corona dorong permintaan safe-haven

Penguatan dolar AS terhadap sebagian mata uang terhenti, tetapi melanjutkan kenaikan terhadap yen Jepang seiring laju kematian akibat virus corona di Eropa melambat, sementara kematian di Jepang dan di tempat lain di Asia terus melaju.

Jepang akan memberlakukan keadaan darurat di Tokyo dan enam prefektur lain yang memiliki kasus virus corona sejak Selasa, sementara pemerintah menyiapkan paket stimulus senilai US$ 990 miliar untuk melunakkan pukulan ekonomi.

"Kami pikir pengaturan untuk pasar bullish multiyears sedang berlangsung karena pasar dibanjiri dengan stimulus moneter dan fiskal sementara tingkat suku bunga berada di batas nol," ujar analis TD Sekuritas dalam sebuah catatan yang dikutip Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi