Harga Emas Spot Bergerak Naik Selasa (6/8) Pagi, Optimisme Pemangkasan Suku Bunga AS



KONTAN.CO.ID - Harga emas bergerak naik pada hari Selasa (6/8) dari posisi terendah dalam beberapa minggu.

Setelah para pembuat kebijakan bank sentral AS melakukan yang terbaik untuk meyakinkan pasar dan menyoroti prospek pemangkasan suku bunga pada bulan September.

Baca Juga: Harga Emas Antam Logam Mulia Hari Ini Selasa 6 Agustus 2024 Turun Lagi


FUNDAMENTAL

Harga emas spot naik 0,2% menjadi US$2.411,97 per ons troi, pada pukul 02.00 GMT. Harga emas berjangka AS naik 0,3% menjadi US$2.452,60.

Harga emas batangan menandai hari terburuknya dalam hampir dua minggu pada sesi sebelumnya, terjebak dalam arus aksi jual pasar global yang lebih luas di tengah meningkatnya kekhawatiran ekonomi.

Para pembuat kebijakan bank sentral AS pada hari Senin (5/8) menolak anggapan bahwa data pekerjaan bulan Juli yang lebih lemah dari perkiraan berarti ekonomi sedang dalam resesi, tetapi juga memperingatkan bahwa The Fed perlu memangkas suku bunga untuk menghindari hasil seperti itu.

Baca Juga: Harga Emas Antam Turun Rp 7.000 Menjadi Rp 1.413.000 Per Gram Pada Hari Ini (6/8)

Gubernur The Fed Bank of San Francisco Mary Daly mengatakan bahwa dia terbuka untuk memangkas suku bunga jika perlu dan kebijakan harus proaktif.

Menurut CME FedWatch, para pedagang memperkirakan pemangkasan suku bunga sebesar 50 basis poin pada pertemuan The Fed bulan September, dengan pemangkasan tambahan diantisipasi pada bulan Desember.

Suku bunga yang lebih rendah menekan dolar dan imbal hasil obligasi, yang meningkatkan daya tarik emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil

Pasar akan mencermati data defisit perdagangan AS yang akan dirilis hari ini dan data klaim pengangguran awal pada hari Kamis.

Baca Juga: Harga Emas Spot Turun Lebih dari 1% Akibat Jual Beli di Pasar Keuangan Global

Data pada hari Senin (5/8) menunjukkan aktivitas sektor jasa AS pulih dari level terendah empat tahun pada bulan Juli di tengah peningkatan pesanan baru dan peningkatan pertama dalam lapangan kerja dalam enam bulan.

Di tempat lain, harga perak spot naik 0,2% menjadi US$27,33 per ons troi, platinum naik hampir 1% menjadi US$914,90.

Paladium naik 0,8% menjadi US$856,83 setelah mencapai level terendah sejak Agustus 2018 pada hari Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto