Harga Emas Spot Bersiap untuk Penurunan Mingguan Terdalam Sejak Februari



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas menuju pekan terburuk sejak awal Februari pada hari Jumat (23/6). Dipicu dolar Amerika Serikat (AS) menguat setelah Ketua The Fed Jerome Powell menegaskan kembali bahwa lebih banyak kenaikan suku bunga akan segera terjadi.

Melansir Reuters, harga emas di pasar spot naik 0,3% ke US$1.919,06 per ons troi pada pukul 11.30 GMT, namun tetap mendekati level terendah tiga bulan pada awal sesi. Harga turun 1,9% untuk minggu ini.

Sementara itu, harga emas berjangka AS naik 0,3% menjadi US$1.929,20.


Baca Juga: Harga Emas Batangan 1 kg Hari ini (23/6) Turun Rp 10 juta, Menjadi Rp 988,6 juta

"Emas jelas merupakan aset dalam permintaan dan tetapi mengambil pandangan jangka pendek di mana harga hari ini, kami masih berpikir ada sedikit ruang bagi emas untuk berkinerja buruk," kata Edward Gardner, ekonom komoditas di Capital Economics.

Dolar naik 0,6% dan menuju kenaikan mingguan pertama dalam empat minggu, membuat bullion lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Powell, di hari kedua kesaksiannya, mengatakan The Fed akan terus menaikkan suku bunga dengan "kecepatan yang hati-hati".

Pasar sekarang melihat peluang 3-in-4 dari kenaikan suku bunga 25 basis poin pada bulan Juli, dengan pemotongan hanya terlihat pada tahun 2024 dan seterusnya.

“Meskipun kami tidak melihat perlunya kenaikan suku bunga lebih lanjut, kami juga tidak mengharapkan peningkatan permintaan investasi emas dan perak karena ketahanan ekonomi AS dan tingkat suku bunga yang tinggi, yang menawarkan alternatif lain untuk keamanan. -haven seekers,” kata Carsten Menke, Head Next Generation Research Julius Baer.

Kenaikan suku bunga meningkatkan biaya peluang memegang emas yang tidak menghasilkan yield.

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini Anjlok Rp 10.000 Jadi Rp 1.048.000 Per Gram, Jumat (23/6)

Di tempat lain, harga perak spot naik 0,6% menjadi US$22,38 per ons troi, tetapi ditetapkan untuk penurunan mingguan terbesar sejak Oktober 2022.

Platinum naik 0,3% menjadi US$925,57, juga berada di jalur untuk minggu terburuk sejak September 2022.

Gardner menuturkan, kekuatan dolar dan kekhawatiran tentang sektor industri dan ekonomi China secara keseluruhan telah berkontribusi pada penurunan perak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto