Harga Emas Spot Menguat Tipis ke US$1.966,41 pada Kamis (16/11) Sore



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas naik pada hari Kamis (16/11). Dibantu oleh ekspektasi bahwa siklus kebijakan pengetatan The Fed telah berakhir, meskipun penguatan dolar Amerika Serikat (AS) menahan kenaikan harga emas lebih tinggi lagi.

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,4% menjadi US$1.966,41 per ons troi, pada pukul 0754 GMT. Sedangkan, harga Emas berjangka AS naik 0,3% menjadi US$1.969,10.

"Rebound kuat emas dari rata-rata 200 hari memberikan keunggulan bagi bulls dalam jangka pendek, jadi kami lebih memilih untuk membeli penurunan di atas 1.940 untuk potensi pergerakan ke kisaran 1.985-2.000," kata analis senior City Index Matt Simpson dikutip dari Reuters.


Baca Juga: Harga Emas Stabil Karena Harapan Jeda Kenaikan Suku Bunga The Fed

"Volatilitas emas telah surut setelah kegembiraan setelah laporan inflasi AS, dan terlihat cukup nyaman di sekitar US$1.960 meskipun dolar berusaha untuk menutup beberapa kerugiannya," tambah Simpson.

Dolar memperpanjang kenaikan setelah data ekonomi AS yang kuat, membuat emas menjadi lebih mahal bagi pembeli luar negeri.

Data harga produsen AS turun paling banyak dalam tiga setengah tahun di bulan Oktober. Menjadi indikasi terbaru meredanya tekanan inflasi. Sementara penjualan ritel turun untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan.

Pada hari Selasa (14/11), data inflasi harga konsumen AS datar di bulan Oktober, melawan ekspektasi kenaikan 0,1%. Indeks harga konsumen (IHK) inti, pada 0,2%, juga berada di bawah perkiraan 0,3%.

Baca Juga: Tren Kenaikan Terhenti, Harga Emas Antam Turun Rp 1.000 Hari Ini 16 November

Tanda-tanda perlambatan inflasi mendorong spekulasi di antara para investor bahwa the Fed telah selesai dengan kenaikan suku bunga.

Para trader secara luas memperkirakan bank sentral akan membiarkan suku bunga tidak berubah pada bulan Desember dan bertaruh akan memulai pemangkasan pada bulan Mei, menurut CME FedWatch tool.

Suku bunga yang lebih rendah meningkatkan daya tarik emas, karena emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil digunakan sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

"Meningkatnya keyakinan seputar narasi suku bunga "lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama" menodai daya tarik investasi emas dalam waktu dekat," kata analis ANZ dalam sebuah catatan.

Baca Juga: Harga Emas Spot Bergerak Volatil Karena Data Ekonomi AS

"Namun demikian, kami melihat pembelian strategis muncul setelah koreksi harga baru-baru ini karena penggerak jangka panjang tetap ada."

Di tempat lain, harga perak spot naik 0,5% menjadi US$23,55 per ons troi dan platinum naik 0,2% menjadi US$897,37. Paladium naik 0,9% menjadi US$1.040,69 per ons troi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto