Harga Emas Spot Naik ke US$1.872,59 Setelah Penurunan Tajam Sejak 6 Januari



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas spot kembali menguat pada hari Senin (6/2), setelah harga merosot ke level terendah satu bulan. Dipicu permintaan safe-haven yang kuat karena risiko resesi masih ada dan dengan ekspektasi kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) yang lebih kecil.

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,4% menjadi US$1.872,59 per ons troi pada 1201 GMT, setelah mencapai level terendah sejak 6 Januari. Sedangkan, harga emas berjangka AS juga naik 0,4% menjadi US$1.883,30.

"Emas spot terlihat beberapa beli aksi, setelah dibanting laporan pekerjaan AS Jumat lalu," kata Han Tan, kepala analis pasar di Exinity.

"Selama The Fed tidak dipaksa untuk mendorong suku bunga acuannya jauh lebih tinggi dari perkiraan puncak 5%, prospek seperti itu akan memastikan bahwa emas batangan tetap diminati."

Harga emas turun lebih dari 2% pada hari Jumat setelah data menunjukkan pertumbuhan pekerjaan AS meningkat tajam bulan lalu.

Tetapi kekhawatiran atas perlambatan tetap ada dan itu kemungkinan akan menjaga permintaan emas, yang dianggap sebagai penyimpan nilai yang aman selama waktu yang tidak pasti, pada pijakan yang kuat tahun ini.

Baca Juga: Harga Emas Berhasil Rebound Namun Masih Tertahan oleh Penguatan Dolar AS

Federal Reserve pekan lalu menaikkan suku bunga sebesar seperempat persentase poin menjadi 4,5%-4,75% setelah satu tahun kenaikan yang lebih besar.

Emas mendapat manfaat dari suku bunga rendah, yang mengurangi biaya peluang untuk memegang aset dengan hasil nol.

“Namun, "keparahan" pergerakan dalam dua hari terakhir menunjukkan emas mungkin telah mencapai puncak jangka pendek, dengan harga cenderung mundur ke level US$1.800, kata Michael Hewson,” kepala analis pasar di CMC Markets.

Membatasi rebound emas, indeks dolar naik 0,4%, membuatnya lebih mahal bagi pembeli yang memegang mata uang lain.

Di tempat lain, harga perak spot naik 0,3% menjadi US$22,41 per ons troi, platinum naik 0,6% menjadi US$979,47,  dan Paladium turun 1,3% menjadi US$1.602,92.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto