Harga Emas Spot Naik ke US$2.517,88 dan Paladium Naik ke US$1.014 Kamis (12/9) Sore



KONTAN.CO.ID - Harga emas naik pada Kamis (12/9), didorong oleh ekspektasi pemotongan suku bunga oleh The Fed pada minggu depan.

Sementara paladium mencapai harga tertinggi dalam lebih dari dua bulan karena kekhawatiran terkait pasokan dari produsen utama, Rusia.

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,3% menjadi US$2.517,88 per ons troi pada 0942 GMT, dipertahankan oleh rata-rata pergerakan 21 hari di US$2.505.


Inflasi konsumen di AS meningkat secara marginal pada bulan Agustus, tetapi inflasi inti menunjukkan tanda-tanda masih bertahan, yang bisa membuat The Fed memberikan pemotongan suku bunga yang lebih kecil sebesar 25 basis poin pada pertemuannya minggu depan.

Baca Juga: Sebulan Harga Naik 0,54%, Hari Ini Emas Antam Turun (12 September 2024)

"Melihat reaksi emas terhadap data inflasi terbaru AS, tampaknya ekspektasi suku bunga AS yang sedikit lebih rendah saat ini cukup untuk mendukung harga emas di sekitar US$2.500 per ons  troi, setidaknya untuk jangka pendek," kata Carsten Menke, analis dari Julius Baer.

Para pedagang menunggu rilis Indeks Harga Produsen (PPI) AS untuk Agustus, data klaim awal pengangguran yang akan dirilis hari ini.

Sementara data sentimen konsumen pada hari Jumat (13/9) untuk mendapatkan lebih banyak petunjuk tentang langkah selanjutnya dari The Fed.

Baca Juga: Sebulan Harga Emas Antam Naik 0,54%, Hari Ini Turun (12 September 2024)

Paladium dan Pasokan Rusia

Harga paladium naik 0,6% menjadi US$1.014 per ons troi. Sebelumnya, paladium mencapai US$1.030,68, tertinggi sejak 8 Juli.

Terkerek kekhawatiran pasokan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (11/9) menyatakan bahwa Moskow harus mempertimbangkan pembatasan ekspor uranium, titanium, dan nikel.

"Paladium sedang mengalami reli penutupan posisi pendek. Meskipun Putin tidak menyebutkan paladium secara langsung, karena logam ini merupakan produk sampingan dari produksi nikel Rusia, pembatasan ekspor semacam itu dapat mengurangi produksi kedua logam tersebut dan memperdalam defisit di pasar palladium," ujar Nitesh Shah, Commodity Strategist dari WisdomTree.

Baca Juga: Harga Emas Antam Turun Rp 2.000 Hari Ini 12 September

Nornickel, perusahaan Rusia, merupakan produsen paladium terbesar di dunia dan produsen utama platinum, yang menyumbang masing-masing 41% dan 12% dari produksi pertambangan global.

Di tempat lain, harga perak spot naik 0,4% menjadi US$28,81 per ons troi dan platinum bertambah 0,3% menjadi US$953,79.

Selanjutnya: Turun 6,3%, Rata-Rata Tabungan Rumah Tangga Senilai Rp 4,28 Juta Per Juli 2024

Menarik Dibaca: 6 Tips Membuat Instagram Story Jadi Lebih Menarik dan Menambah Penonton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto