Harga Emas Spot Sedikit Naik ke US$2.363,64 Selasa (9/7), Fokus pada Data Inflasi AS



KONTAN.CO.ID - Harga emas naik tipis pada hari Selasa (9/7), meskipun dolar yang lebih kuat dan imbal hasil obligasi yang lebih tinggi.

Investor menantikan data inflasi Amerika Serikat bulan Juni yang akan dirilis minggu ini untuk lebih memahami arah suku bunga AS.

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,2% menjadi US$2.363,64 per ons troi pada pukul 1835 GMT, setelah turun lebih dari 1% pada sesi sebelumnya. Sedangkan, kontrak emas berjangka AS ditutup sekitar 0,2% lebih tinggi menjadi US$2.367,90.


Dolar AS naik sekitar 0,2% terhadap mata uang lainnya, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lain. Sementara imbal hasil obligasi US Treasury tenor 10-tahun sedikit meningkat.

Baca Juga: MARKET GLOBAL - Saham Global Turun, Imbal Hasil Obligasi AS Naik

“Ada ekspektasi bahwa The Fed lebih mungkin mulai memotong suku bunga secepatnya pada bulan September, yang berkontribusi positif pada kondisi pasar saat ini,” kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities.

Data ekonomi AS baru-baru ini menunjukkan pasar tenaga kerja yang melemah, memperkuat ekspektasi bahwa bank sentral AS sedang menuju untuk mulai memotong suku bunga segera.

Namun, Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan dalam kesaksian di hadapan Kongres pada hari Selasa bahwa inflasi tetap di atas target 2%, tetapi telah membaik dalam beberapa bulan terakhir dan lebih banyak data baik akan memperkuat alasan untuk pemotongan suku bunga bank sentral.

Baca Juga: Meski Turun Rp 7.000, Harga Emas Antam Diproyeksi Rp 1.500.000 di Akhir Tahun

Fokus sekarang beralih ke data indeks harga konsumen (CPI) pada hari Kamis (11/7), dengan angka terbaru menunjukkan pendinginan dari tingkat yang secara tak terduga tinggi di awal tahun ini.

Jika pasar ditunjukkan bukti inflasi AS yang masih tinggi, hal itu mungkin akan mendorong logam mulia untuk melepaskan lebih banyak dari kenaikan terbarunya, kata Han Tan, kepala analis pasar di Exinity Group.

Pedagang saat ini melihat sekitar 75% peluang pemotongan suku bunga pada bulan September, menurut FedWatch Tool dari CME Group.

Daya tarik logam mulia yang tidak memberikan hasil cenderung meningkat ketika suku bunga lebih rendah.

Di tempat lain, harga perak spot naik 0,1% menjadi US$30,80 per ons troi, platinum turun 1,3% menjadi US$983,51, dan paladium turun 2,8% menjadi US$980,50.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto