Harga Emas Spot Sedikit Turun Rabu (14/8) Siang, Jelang Data Inflasi AS



KONTAN.CO.ID - Harga emas sedikit turun pada Rabu (14/8). Para investor cenderung menunggu laporan inflasi penting dari Amerika Serikat (AS) yang akan dirilis hari ini, yang dapat mempengaruhi kebijakan The Fed pada pertemuan di bulan September.

Melansir Reuters, harga emas spot turun 0,2% menjadi US$2.460,89 per ons troi pada pukul 05:37 GMT. Sebelumnya, harga emas sempat mencapai rekor tertinggi US$2.483,60 bulan lalu.

Kontrak emas berjangka AS turun 0,3% menjadi US$2.500,10.


Baca Juga: Bursa Asia Naik Rabu (14/8), Kiwi Terperosok Setelah Selandia Baru Pangkas Suku Bunga

Data indeks harga konsumen (CPI) AS untuk bulan Juli akan dirilis pada pukul 12:30 GMT dan diperkirakan akan menunjukkan inflasi bulanan meningkat menjadi 0,2%, dengan inflasi inti tahunan melambat sedikit menjadi 3,2%. Data penjualan ritel dijadwalkan pada hari Kamis (15/8).

Menurut Kyle Rodda, analis pasar keuangan di Capital.com, harga emas bisa turun hingga $2.300 jika data CPI tidak sejalan dengan ekspektasi pemotongan suku bunga, tetapi dalam jangka panjang, harga emas kemungkinan akan naik karena ekonomi AS melemah cukup signifikan sehingga memaksa The Fed untuk memotong suku bunga.

Data pada hari Selasa menunjukkan bahwa harga produsen AS meningkat kurang dari yang diharapkan pada bulan Juli, memperkuat pandangan pasar bahwa pendinginan inflasi akan memungkinkan The Fed untuk segera memotong suku bunga.

Para pedagang melihat peluang 54% untuk pemotongan suku bunga sebesar 50 basis poin pada bulan September, menurut alat CME FedWatch.

Baca Juga: Harga Emas Spot Stabil Rabu (14/8) Pagi, Saat Data Inflasi AS Menjadi Pusat Perhatian

Gubernur The Fed Bank of Atlanta Raphael Bostic mengatakan bahwa dia ingin melihat "sedikit lebih banyak data" sebelum siap mendukung pemotongan suku bunga.

Emas, yang sering digunakan sebagai lindung nilai terhadap risiko geopolitik, cenderung naik ketika suku bunga rendah.

Investor sebagian besar membeli emas dalam antisipasi serangan balasan dari Iran, tetapi mereka akan melepaskan posisi tersebut jika serangan tersebut tidak terjadi, tambah Rodda.

Hanya kesepakatan gencatan senjata di Gaza dari pembicaraan yang diharapkan minggu ini yang dapat menahan Iran dari balas dendam langsung terhadap Israel atas pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, di wilayahnya, kata tiga pejabat senior Iran.

Baca Juga: Harga Emas Antam Logam Mulia Hari Ini Rabu 14 Agustus 2024, Stagnan!

Di tempat lain, harga perak spot turun 0,4% menjadi $27,73 dan platinum turun 0,5% menjadi US$931,50.

Palladium naik 0,3% menjadi US$941,00 setelah mencapai level tertinggi sejak 24 Juli pada sesi sebelumnya.

Selanjutnya: Penerimaan Cukai Capai Rp 116,1 Triliun, Disokong Peningkatan Produksi Rokok

Menarik Dibaca: Ketahui Berbagai Penyebab Kanker Serviks pada Wanita Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto