Harga Emas Spot Stabil di Tengah Gejolak Timur Tengah pada Kamis (3/10) Pagi



KONTAN.CO.ID - Harga emas stabil pada Kamis (3/10) pagi seiring para pedagang memantau perkembangan konflik di Timur Tengah.

Selain itu juga menantikan data ekonomi utama Amerika Serikat (AS) yang dapat memberikan petunjuk mengenai potensi pemotongan suku bunga lebih lanjut akhir tahun ini.

Melansir Reuters, harga emas spot tercatat stabil di US$2.659,05 per ons troi pada pukul 00:34 GMT. Sementara emas berjangka AS naik 0,4% menjadi US$2.679,50**.


Baca Juga: Harga Emas Antam Naik Rp 5.000 Menjadi Rp 1.469.000 Per Gram Pada Hari Ini (3/10)

Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi harga emas:

- Laporan ADP National Employment yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan bahwa payroll swasta AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan September, menunjukkan bahwa kondisi pasar tenaga kerja belum melemah.

- Pemotongan suku bunga sebesar 0,5% yang dilakukan oleh Bank Sentral AS baru-baru ini diakui sebagai pengakuan bahwa kebijakan sebelumnya "tidak sejalan" dengan perekonomian, namun bukan berarti pertempuran melawan inflasi sudah berakhir, kata Thomas Barkin, Presiden **Federal Reserve Richmond, pada hari Rabu.

- Ekspektasi untuk pemotongan suku bunga sebesar 50 basis poin pada pertemuan bulan November telah berkurang, dengan pasar memperkirakan peluang sebesar 35%, turun dari hampir 53% pada hari Jumat, menurut CME's FedWatch Tool.

- Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk menyimpan emas, yang juga dipandang sebagai aset aman di tengah ketidakpastian ekonomi dan politik.

- Israel membombardir pusat kota Beirut pada Kamis pagi, menewaskan setidaknya enam orang setelah pasukan Israel mengalami hari paling mematikan di front Lebanon dalam setahun terakhir akibat bentrokan dengan kelompok bersenjata yang didukung Iran, Hezbollah.

Baca Juga: Reli Harga Emas Melambat Saat Pedagang Pantau Perkembangan Timur Tengah dan Data AS

Para investor juga menantikan data ISM sektor jasa dan klaim pengangguran awal yang akan dirilis kemudian hari, serta data nonfarm payroll AS yang dijadwalkan pada hari Jumat.

Sementara itu, penjualan produk emas Perth Mint pada bulan September melonjak ke level tertinggi dalam 10 bulan dan penjualan perak mencapai level tertinggi dalam tujuh bulan, kata perusahaan pemurnian tersebut pada hari Kamis.

Di tempat lain, harga perak spot turun 0,3% menjadi US$31,76 per ons troi, platinum naik 0,3% menjadi US$1.005,65, dan palladium naik tipis 0,1% menjadi US$1.016,25.

Selanjutnya: Cek Rekomendasi Saham Mitratel (MTEL) di Tengah Pemangkasan Suku Bunga Acuan

Menarik Dibaca: Lanjut Menguat, Harga Emas Antam Naik Rp 5.000 Hari Ini 3 Oktober

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto