Harga Emas Spot Turun Tipis ke US$2.385,23 pada Rabu (7/8) Pagi



KONTAN.CO.ID - Harga emas turun tipis pada hari Rabu (7/8) karena dolar Amerika Serikat (AS) dan imbal hasil Treasury menguat.

Sementara taruhan pemotongan suku bunga The Fed pada bulan September membatasi kerugian lebih dalam.

Melansir Reuters, harga emas spot turun 0,2% menjadi US$2.385,23 per ons troi pada pukul 0155 GMT. Sedangkan, emas berjangka AS turun 0,3% menjadi US$2.425,50.


Baca Juga: Sebulan Naik 0,29%, Harga Emas Hari Ini Anjlok Lagi (7 Agustus 2024)

Dolar pulih, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya, sementara imbal hasil US Treasury tenor 10 tahun acuan naik lebih tinggi.

Pasar melihat peluang 70% untuk pemotongan suku bunga sebesar 50 basis poin pada bulan September, menurut CME FedWatch Tool.

Emas tanpa hasil cenderung berkembang dalam lingkungan suku bunga rendah.

Baca Juga: Harga Emas Antam Anjlok Rp 14.000 Hari Ini 7 Agustus

Pada hari Senin, para pembuat kebijakan The Fed menolak anggapan bahwa data pekerjaan Juli yang lebih lemah dari perkiraan berarti ekonomi sedang dalam keadaan jatuh bebas resesi, tetapi juga memperingatkan bahwa pemotongan suku bunga akan diperlukan untuk menghindari hasil seperti itu.

SPDR Gold Trust, dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas terbesar di dunia, mengatakan, kepemilikannya naik 0,37% menjadi 848,06 ton pada hari Selasa dari 844,90 ton.

Di bidang geopolitik, AS telah mengkomunikasikan kepada Iran dan Israel bahwa konflik di Timur Tengah tidak boleh meningkat, kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada hari Selasa, meskipun Pentagon memperingatkan bahwa pihaknya tidak akan mentolerir serangan terhadap pasukannya di wilayah tersebut.

Baca Juga: Harga Emas Spot Ditutup Turun (6/8), Akibat Penguatan Dolar dan Imbal Hasil Obligasi

Di tempat lain, harga perak spot turun 0,2% menjadi US$26,99 per ons troi, platinum naik 0,31% menjadi US$914,90, dan paladium naik 0,13% menjadi US$875,77.

Selanjutnya: Bidik First Home Buyer, BCA Andalkan KPR Online

Menarik Dibaca: Strawberry Legs Bisa Muncul Karena Beberapa Penyebab Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto