Harga Minyak Anjlok 2% Karena OPEC Memangkas Proyeksi Pertumbuhan Permintaan Minyak



KONTAN.CO.ID - HOUSTON. Harga minyak anjlok 2% pada hari Senin (14/10) karena OPEC kembali menurunkan prospeknya untuk pertumbuhan permintaan minyak global tahun 2024 dan 2025. Sementara impor minyak China turun selama lima bulan berturut-turut.

Rencana stimulus China gagal menginspirasi kepercayaan investor. Di sisi lain, pasar terus mencermati potensi serangan Israel terhadap infrastruktur minyak Iran.

Senin (14/10), harga minyak mentah Brent ditutup turun US$ 1,58 atau 2% menjadi US$ 77,46 per barel. Harga minyak mentah West Texas Intermediate AS turun US$ 1,73 atau 2,29% menjadi US$ 73,83 per barel. Brent naik US$ 0,99 minggu lalu, sementara WTI naik US$ 1,18.


Brent turun 5% atau lebih dari US$ 4 dalam perdagangan setelah jam kerja menyusul laporan media bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memberi tahu AS bahwa Israel bersedia menyerang target militer Iran dan bukan target nuklir atau minyak.

Harga minyak pemanas berjangka AS turun 5% dalam perdagangan akhir. Harga bensin berjangka AS turun lebih dari 4%.

Baca Juga: Harga Komoditas Masih Berfluktuasi, Saham Energi Berpotensi Mendaki

OPEC pada hari Senin memangkas perkiraannya untuk pertumbuhan permintaan minyak global pada tahun 2024. OPEC juga menurunkan proyeksinya untuk tahun depan, menandai revisi penurunan ketiga berturut-turut dari kelompok produsen tersebut.

China, importir minyak mentah terbesar di dunia, menyumbang sebagian besar penurunan peringkat tahun 2024. OPEC memangkas perkiraan pertumbuhan permintaan dari China menjadi 580.000 barel per hari (bph) dari 650.000 bph.

Data menunjukkan impor minyak mentah China untuk sembilan bulan pertama tahun ini turun hampir 3% dari tahun lalu menjadi 10,99 juta bph.

Penurunan permintaan minyak Tiongkok yang disebabkan oleh meningkatnya adopsi kendaraan listrik (EV), serta melambatnya pertumbuhan ekonomi setelah pandemi Covid-19, telah menjadi penghambat konsumsi dan harga minyak global.

Baca Juga: Neraca Perdagang RI September 2024 Diramal Surplus US$ 2,9 Miliar

Tekanan deflasi China juga memburuk pada bulan September, menurut data resmi yang dirilis pada hari Sabtu. Konferensi pers pada hari yang sama membuat investor menebak-nebak tentang besarnya keseluruhan paket stimulus untuk menghidupkan kembali peruntungan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

"Kurangnya garis waktu yang jelas dan tidak adanya langkah-langkah untuk mengatasi masalah struktural, seperti konsumsi yang lemah dan ketergantungan pada investasi infrastruktur, hanya meningkatkan ambiguitas di antara para pelaku pasar," kata Mukesh Sahdev, kepala pasar komoditas-minyak global di Rystad Energy seperti dikutip Reuters.

Berita negatif dari Tiongkok mengalahkan kekhawatiran pasar atas kemungkinan yang masih ada bahwa tanggapan Israel terhadap serangan rudal Iran pada tanggal 1 Oktober dapat mengganggu produksi minyak.

AS mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka akan mengirim pasukan ke Israel bersama dengan sistem antirudal canggih dalam pengerahan yang sangat tidak biasa yang dimaksudkan untuk memperkuat pertahanan udara negara itu.

Baca Juga: Inflasi India Terkerek Kenaikan Harga Bahan Pangan

"Meskipun serangan Israel ke Iran kemungkinan akan terjadi, langkah-langkah penguatan terbaru oleh militer AS mungkin telah menenangkan tanggapan di kedua belah pihak," kata Dennis Kissler, wakil presiden senior perdagangan di BOK Financial.

"Perdagangan yang menegangkan akan tetap terjadi dengan sebagian besar fund manager tetap menunggu," kata Kissler.

Washington secara pribadi telah mendesak Israel untuk mengkalibrasi tanggapannya guna menghindari pemicu perang yang lebih luas di Timur Tengah, kata para pejabat AS. Presiden AS Joe Biden secara terbuka menyuarakan penentangannya terhadap serangan Israel terhadap situs nuklir Iran dan kekhawatirannya tentang serangan terhadap infrastruktur energi Iran.

Dolar juga mencapai titik tertinggi sembilan minggu pada hari Senin dalam perdagangan yang sepi. Mata uang AS yang lebih kuat dapat merugikan permintaan minyak berdenominasi dolar dari pembeli yang menggunakan mata uang lain.

Persediaan minyak mentah AS diperkirakan meningkat minggu lalu, sementara persediaan sulingan dan bensin kemungkinan turun, menurut jajak pendapat pendahuluan Reuters pada hari Senin.

Selanjutnya: Promo CIMB Niaga x Dekoruma Beri Diskon hingga Rp 350.000

Menarik Dibaca: Promo CIMB Niaga x Dekoruma Beri Diskon hingga Rp 350.000

Editor: Wahyu T.Rahmawati