Harga Minyak Ditutup Turun 1%, Stok Minyak Mentah AS Turun Lebih Rendah dari Proyeksi



KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak ditutup melemah 1% setelah stok minyak mentah Amerika Serikat (AS) berkurang lebih kecil dari perkiraan. Tekanan bertambah dari kekhawatiran atas permintaan China yang terus berlanjut, meskipun kerugian dibatasi oleh risiko pasokan di Timur Tengah dan Libya.

Rabu (28/8), harga minyak mentah berjangka jenis Brent untuk kontrak pengiriman Oktober 2024 ditutup melemah 90 sen atau 1,13%, ke US$ 78,65 per barel.

Sejalan, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Oktober 2024 ditutup turun US$ 1,01, atau 1,34% menjadi US$ 74,52 per barel.


Harga minyak turun lebih dari 2% pada hari Selasa, setelah naik 7% selama tiga hari sebelumnya menjadi lebih dari US$ 81 per barel untuk Brent dan US$ 77 untuk WTI.

Data dari Energy Information Administration (EIA) menunjukkan persediaan minyak mentah AS turun 846.000 barel menjadi 425,2 juta barel di minggu lalu, lebih rendah dari ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk penarikan 2,3 juta barel. Aktivitas penyulingan meningkat selama minggu ini.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Turun Rabu (28/8) Sore, Brent ke US$78,98 dan WTI ke US$74,93

"Agak mengejutkan melihat penarikan minyak mentah yang begitu kecil jika operasi penyulingan benar-benar sekuat itu, pada level tertinggi dalam enam minggu," kata Matt Smith, Lead Oil Analyst di Kpler.

"Kekuatan yang berkelanjutan dalam impor dan penurunan ekspor membantu mengendalikan penarikan," tambahnya.

Kekhawatiran permintaan China juga terus membebani harga karena data terbaru menunjukkan ekonomi yang sedang berjuang dan permintaan minyak yang melambat dari penyuling.

"Permintaan di China masih lemah dan pemulihan yang diharapkan pada semester kedua belum menunjukkan tanda-tanda yang kredibel untuk dimulai," kata Amarpreet Singh, seorang analis di Barclays, dalam sebuah catatan.

Sementara itu, potensi hilangnya produksi minyak Libya dan kemungkinan meluasnya konflik Israel-Gaza hingga mencakup militan yang didukung Iran dari Hizbullah di Lebanon tetap menjadi risiko terbesar bagi pasar minyak, yang membatasi penurunan harga pada hari Rabu.

Beberapa ladang minyak di seluruh Libya telah menghentikan produksi karena perselisihan terus berlanjut antara faksi-faksi pemerintah yang bersaing atas kendali bank sentral dan pendapatan minyak. Perselisihan tersebut membahayakan sekitar 1,2 juta barel per hari (bpd) produksi.

Baca Juga: Wall Street Anjlok: Dow, S&P 500 dan Nasdaq Bersiap untuk Laporan Kinerja Nvidia

Gangguan di Libya seharusnya memperketat pasar minyak, mengingat barel minyak asli telah diambil, tetapi di sini investor ingin melihat penurunan ekspor minyak mentah Libya terlebih dahulu, kata Giovanni Staunovo, analyst di UBS.

Di Timur Tengah, pertempuran terus berlanjut di Jalur Gaza antara Israel dan militan Hamas, tanpa ada tanda-tanda terobosan konkret dalam perundingan gencatan senjata di Kairo.

Selama akhir pekan, Israel dan Hizbullah saling membombardir dengan roket dan rudal melintasi perbatasan Lebanon.

Risiko geopolitik akan terus membuat harga minyak mentah dunia gelisah, kata Tim Snyder, kepala ekonom di Matador Economics.

Editor: Anna Suci Perwitasari