Harga Minyak Dunia Naik Kamis (15/8) Siang, Brent ke US$79,95 & WTI ke US$77,21



KONTAN.CO.ID - Harga minyak naik pada hari Kamis (15/8), didukung oleh optimisme bahwa potensi pemotongan suku bunga di Amerika Serikat (AS) akan meningkatkan aktivitas ekonomi dan konsumsi bahan bakar, meskipun kekhawatiran tentang permintaan global yang melambat membatasi kenaikan.

Kontrak berjangka Brent naik 19 sen, atau 0,24%, menjadi US$79,95 per barel pada pukul 06:25 GMT, memulihkan sebagian kerugian hari sebelumnya.

Kontrak berjangka minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 23 sen, atau 0,3%, menjadi US$77,21 per barel.


Baca Juga: Harga Minyak Bangkit Setelah Turun 1% Karena Kenaikan Stok Minyak AS

Kedua acuan harga minyak mentah turun lebih dari 1% pada hari Rabu (14/8) setelah persediaan minyak mentah AS naik secara tak terduga dan kekhawatiran akan konflik Timur Tengah yang lebih luas mereda.

Harga konsumen AS naik secara moderat pada bulan Juli dan kenaikan tahunan dalam inflasi melambat di bawah 3% untuk pertama kalinya dalam hampir 3,5 tahun, memperkuat ekspektasi bahwa The Fed akan menurunkan suku bunga bulan depan.

"Kami melihat koreksi dalam perdagangan Asia karena pasar minyak mengalami penjualan berlebih pada hari Rabu," kata Yuki Takashima, ekonom di Nomura Securities, seraya menambahkan bahwa investor bertaruh bahwa The Fed dapat mulai menurunkan suku bunga bulan depan.

Kekhawatiran investor atas potensi respons Iran terhadap pembunuhan pemimpin kelompok Islamis Palestina Hamas bulan lalu mendukung harga.

Tiga pejabat senior Iran mengatakan bahwa hanya kesepakatan gencatan senjata di Gaza yang akan menahan Iran dari pembalasan langsung terhadap Israel atas pembunuhan tersebut.

Baca Juga: Simak Proyeksi Harga Komoditas Energi Hingga Akhir Tahun 2024

"Risiko geopolitik terus membayangi pasar minyak. Masih belum jelas bagaimana dan apakah Iran akan membalas Israel ... Ketidakpastian ini telah menyebabkan peningkatan aktivitas perdagangan opsi dengan pelaku pasar yang ingin melindungi diri dari kenaikan signifikan," kata analis ING dalam catatan kepada klien.

Namun, peningkatan persediaan minyak menimbulkan kekhawatiran akan lemahnya permintaan, kata analis di ANZ dalam catatan kepada klien.

Persediaan minyak mentah AS naik 1,4 juta barel dalam pekan yang berakhir 9 Agustus, dibandingkan dengan perkiraan penurunan sebesar 2,2 juta barel, menandai kenaikan pertama sejak akhir Juni.

Pertumbuhan output pabrik China melambat pada bulan Juli sementara output kilang turun selama empat bulan berturut-turut, menyoroti pemulihan ekonomi yang tidak merata di negara tersebut, yang juga membatasi potensi kenaikan pasar.

Fokus pasar akan tertuju pada pertumbuhan penjualan ritel AS untuk bulan Juli setelah data campuran dari China, kata analis pasar senior OANDA Kelvin Wong dalam email, menambahkan bahwa angka yang mengecewakan dapat memicu pergerakan harga bearish jangka pendek.

Baca Juga: Harga Minyak Turun, Dipicu Peningkatan Stok Minyak AS

Secara keseluruhan, para analis memiliki pandangan yang beragam tentang perkiraan harga pasar ke depan.

Takashima dari Nomura melihat harga minyak tetap berada di bawah tekanan karena kekhawatiran bahwa permintaan global, terutama di China, akan tetap lemah, dan memprediksi WTI akan menuju angka $72 yang dicapai pada bulan Agustus.

Namun, analis pasar independen Tina Teng mengatakan harga mungkin naik pada kuartal ketiga, meskipun ada perlambatan di China, karena konflik di Timur Tengah, pemotongan suku bunga oleh bank sentral, dan pelemahan dolar AS.

Dia melihat harga Brent naik menjadi US$90 per barel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto