Harga Minyak Dunia Turun Selasa (20/8) Siang, Brent ke US$76,99 dan WTI ke US$73,03



KONTAN.CO.ID - Harga minyak mengalami penurunan pada hari Selasa (20/8). Setelah Israel menerima sebuah proposal untuk menyelesaikan perselisihan yang menghambat kesepakatan gencatan senjata di Gaza, meredakan kekhawatiran akan gangguan pasokan di Timur Tengah.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent turun 67 sen atau 0,86% menjadi US$76,99 per barel pada pukul 0600 GMT.

Kontrak berjangka minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) bulan depan yang akan berakhir pada hari Selasa berada di US$73,75 per barel, turun 62 sen, atau 0,8%. Kontrak bulan kedua yang lebih aktif terakhir turun 63 sen atau 0,86% menjadi US$73,03 per barel.


Baca Juga: Potensi Gencatan Senjata Timur Tengah & Membaiknya Pasokan Libya Menekan Harga Minyak

Pada hari Senin (19/8), Brent turun sekitar 2,5% dan WTI turun 3%.

"Penurunan harga tampaknya dipengaruhi oleh perkembangan geopolitik di Timur Tengah dan prospek permintaan dari China," kata Yeap Jun Rong, market strategist di IG, merujuk pada data ekonomi China yang lemah, menimbulkan keraguan pada prospek permintaan minyak negara tersebut.

"Kesepakatan gencatan senjata di Gaza sekarang tampaknya lebih mungkin terjadi, yang membuat pelaku pasar mengurangi risiko ketegangan geopolitik terhadap gangguan pasokan minyak."

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada hari Senin bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menerima "proposal jembatan" yang diajukan oleh Washington untuk menyelesaikan perselisihan yang menghambat kesepakatan gencatan senjata di Gaza, dan mendesak Hamas untuk melakukan hal yang sama.

Kekhawatiran pasokan juga mereda setelah produksi di ladang minyak Sharara di Libya meningkat menjadi sekitar 85.000 barel per hari, yang ditujukan untuk memasok kilang minyak Zawia, menurut dua insinyur yang bekerja di ladang tersebut pada hari Senin.

Baca Juga: Harga Minyak Turun, Kekhawatiran Pasokan Reda Berkat Harapan Gencatan Senjata Timteng

Korporasi Minyak Nasional Libya (NOC) telah menyatakan keadaan force majeure pada ekspor minyak dari ladang tersebut pada 7 Agustus setelah blokade oleh pengunjuk rasa mengurangi produksi di ladang yang berkapasitas 300.000 barel per hari tersebut.

Di Amerika Serikat (AS), stok minyak mentah diperkirakan telah turun sebesar 2,9 juta barel minggu lalu, menurut jajak pendapat awal Reuters pada hari Senin.

Di sisi permintaan, kekhawatiran tentang masalah ekonomi China menekan harga minyak. Setelah kuartal kedua yang buruk, ekonomi terbesar kedua di dunia ini kehilangan momentum lebih lanjut pada bulan Juli karena harga rumah baru turun dengan laju tercepat dalam sembilan tahun, output industri melambat, pertumbuhan ekspor dan investasi menurun, serta pengangguran meningkat.

"Kekhawatiran permintaan yang berpusat di sekitar China terus berlanjut. Data terbaru memperkuat pandangan tentang lemahnya permintaan minyak dari China," kata analis ING dalam catatan kepada kliennya.

Baca Juga: Harga Minyak Terkoreksi, Dibayangi Prospek Lesunya Permintaan dari China

Investor juga menunggu petunjuk tentang rencana Federal Reserve AS untuk keputusan suku bunga berikutnya.

The Fed diperkirakan akan memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin pada setiap pertemuan yang tersisa di tahun 2024, menurut mayoritas tipis ekonom yang disurvei oleh Reuters yang mengatakan resesi tidak mungkin terjadi.

Pemotongan suku bunga mengurangi biaya pinjaman dan dapat meningkatkan permintaan minyak di negara pengonsumsi minyak terbesar di dunia ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto