Harga Minyak Jatuh karena Pasokan Meningkat dan Ketidakpastian Pemangkasan Suku Bunga



KONTAN.CO.ID - HOUSTON. Harga minyak anjlok sekitar 2% pada hari Jumat karena investor mempertimbangkan ekspektasi kenaikan pasokan OPEC+ mulai Oktober, bersamaan dengan berkurangnya harapan pemangkasan suku bunga AS yang besar bulan depan, menyusul data yang menunjukkan belanja konsumen yang kuat. 

Mengutip Reuters, harga minyak mentah Brent berjangka untuk pengiriman Oktober, yang berakhir pada hari Jumat, turun US$ 1,16, atau 1,5% ke level US$ 78,78 per barel pada pukul 1:37 p.m. EDT (1737 GMT). Dalam sepekan, harga minyak jenis ini turun 0,3% dan 2,4% dalam sebulan. 

Sementara itu, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS turun US$ 2,20, atau 2,9%, menjadi US$ 73,71, dan diperkirakan turun 1,5% dalam sepekan dan turun 3,4% pada bulan Agustus.


Baca Juga: Harga Minyak Dunia Siap Catatkan Kenaikan Mingguan di Tengah Kekhawatiran Pasokan

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, akan melanjutkan rencana kenaikan produksi minyak mulai Oktober, karena penghentian produksi di Libya dan janji pemotongan oleh beberapa anggota untuk mengimbangi kelebihan produksi yang mengimbangi dampak dari permintaan yang lesu, menurut enam sumber OPEC+ kepada Reuters.

"OPEC+ berbicara tentang melanjutkan pengurangan produksi adalah berita utama yang benar-benar membuat kita kecewa hari ini," kata Phil Flynn, analis di Price Futures Group. 

Sementara itu, investor menanggapi data baru yang menunjukkan belanja konsumen AS meningkat pesat pada bulan Juli, yang menunjukkan ekonomi tetap kokoh di awal kuartal ketiga dan menentang pemotongan suku bunga 0,5% dari Federal Reserve bulan depan.

Suku bunga yang lebih rendah dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan permintaan minyak.

"Peningkatan inflasi yang moderat itu pada dasarnya dapat memperkuat bahwa kita hanya akan mendapatkan pemangkasan 0,25% dan mereka yang mengharapkan setengahnya harus menunggu," kata Flynn dari Price Futures Group. 

Di tempat lain, National Oil Corporation Libya mengatakan bahwa penutupan ladang minyak baru-baru ini telah menyebabkan hilangnya sekitar 63% dari total produksi minyak negara itu, karena konflik antara faksi timur dan barat yang bersaing terus berlanjut. 

Kerugian produksi dapat mencapai antara 900.000 dan 1 juta barel per hari (bph) dan berlangsung selama beberapa minggu, menurut perusahaan konsultan Rapidan Energy Group.

Baca Juga: Harga Minyak Ditutup Naik Lebih dari 1% karena Kekhawatiran Pasokan dari Libya & Irak

Pemerintah Libya yang berpusat di wilayah timur mengumumkan penutupan semua ladang minyak pada hari Senin, menghentikan produksi dan ekspor, serta mendorong harga minyak mencapai titik tertinggi dalam hampir dua minggu pada tanggal 26 Agustus. 

"Menarik melihat penutupan produksi minyak mentah Libya berdampak besar pada harga pasar pada suatu hari dan diabaikan sama sekali pada hari berikutnya," kata Tim Snyder, kepala ekonom di Matador Economics.

"Menurut saya saat ini ada banyak inersia negatif di pasar yang menurunkan harga," tambah Snyder.

Pasokan Irak juga diperkirakan akan menyusut setelah produksi negara itu melampaui kuota OPEC+, sumber yang mengetahui langsung masalah tersebut mengatakan kepada Reuters pada hari Kamis.

Irak berencana untuk mengurangi produksi minyaknya menjadi antara 3,85 juta dan 3,9 juta barel per hari bulan depan. 

Di AS, jumlah rig minyak aktif tidak berubah pada 483 minggu ini, tetapi naik satu pada bulan Agustus, kata Baker Hughes

Editor: Herlina Kartika Dewi