Harga Minyak Naik Berkat The Fed, Setelah Ini Diprediksi Turun Lagi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak dalam tren penguatan sepekan terakhir. Namun, kenaikannya dinilai hampa.

Berdasarkan Trading Economics, harga minyak WTI bertengger di US$ 71,45 per barel dan minyak Brent di US$ 74,27 per barel pada Kamis (19/9) pukul 18.00 WIB. Masing-masing naik 0,72% dan 0,81% secara harian, sementara sepekan terakhir harganya naik 3,43% dan 3,08%.

Direktur Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan, kenaikan harga minyak murni karena pemangkasan suku bunga. Ia menjelaskan bahwa saat the Fed memangkas suku bunga 50bps, secara bersamaan cadangan minyak di AS turun.


Di sisi lain, permintaan minyak di China juga turun akibat perlambatan ekonomi. Selain itu, konflik Israel dengan Hizbullah di Lebanon juga tidak serta merta mendorong harga minyak, lantaran Lebanon bukan negara penghasil minyak mentah.

"Jadi naiknya harga minyak mentah murni akibat melemahnya dolar Amerika Serikat (AS) karena pemangkasan suku bunga," ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (19/9).

Baca Juga: Harga Minyak Naik Sepekan Terakhir, Cermati Prospeknya ke Depan

Meski begitu, ia menyebut target harga untuk minyak mentah di US$ 80 - US$ 81 per barel. Pertimbangannya dari lanjutan pemangkasan suku bunga the Fed hingga akhir tahun ini dan pemangkasan di tahun 2025, serta stimulus dari pemerintah China.

Namun ia tetap memperingatkan terkait penurunan konsumsi minyak oleh China. Ibrahim memaparkan, berdasarkan neraca keuangan China impor minyaknya hanya 13%, sementara pada saat ekonomi China normal mencapai 20%.

Menurut Ibrahim, walaupun harga minyak naik, tapi kenaikannya hampa. "Jadi berpotensi jatuh lagi sampai pemerintah China menggelontorkan stimulus dan PBOC menurunkan suku bunganya dengan tujuan untuk menggairahkan pasar kembali," katanya.

Dus, apabila pemerintah China belum menggelontorkan stimulus yang signifikan, Ibrahim memperkirakan harga minyak pada akhir tahun berkisar US$ 75 - US$ 77 per barel.

Selanjutnya: Pemerintahan Jokowi Terus Pacu Ekspor Batubara

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (20/9) Hujan Deras, Waspada Bencana di Provinsi Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih