Harga minyak naik, didorong optimisme pasar jelang peluncuran vaksin Covid-19 di AS



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak kembali menguat pada awal perdagangan pekan ini, setelah terkoreksi pada akhir pekan lalu. Senin (14/12) pukul 07.05 WIB, harga minyak untuk pengiriman Januari 2021 di New York Mercantile Exchange ada di US$ 46,68 per barel, naik 0,23% dari akhir pekan lalu yang ada di US$ 46,57 per barel.

Kenaikan harga minyak didorong oleh optimisme investor menjelang peluncuran vaksin Covid-19 pertama di Amerika Serikat, yang mendorong optimisme rebound permintaan bahan bakar.

Mengutip Bloomberg, Senin (14/12), pengiriman perdana vaksin Pfizer Inc-BioNTech akan dilakukan pada Senin pekan ini setelah vaksin tersebut mengantongi otorisasi darurat dari FDA. 


Baca Juga: Vaksin Covid-19 positif, harga minyak mentah menguat enam pekan berturut-turut

Presiden AS Donald Trump dan pejabat pemerintahan lainnya juga ditawari suntikan vaksin Covid-19 sebagai bagian dari rencana untuk memastikan kelangsungan pemerintahan.

Selain itu, kenaikan harga minyak juga ditopang oleh kemajuan stimulus AS, dimana sekelompok pembuat undang-undang bipartisan siap untuk membeberkan anggaran bantuan pandemi senilai US$ 90 miliar pada Senin ini, mesti tak ada jaminan anggaran ini akan disahkan Kongres.

Selanjutnya: Ini alasan mengapa protokol kesehatan tetap penting, kendati vaksin sudah tersedia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi