Harga Minyak Terkoreksi Jumat (27/9) Pagi, Dipicu Rencana Kenaikan Pasokan Arab Saudi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak melanjutkan koreksi pada perdagangan Jumat (27/9) pagi. Mengutip Bloomberg, pukul 06.12 WIB, harga minyak west texas intermediate (WTI) untuk pengiriman Novemver 2024 di New York Mercantile Exchange ada di US$ 67,56 per barel, turun 0,16% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 67,67 per barel.

Harga miyak turun melanjutkan penurunan yang terjadi pada Kamis (26/9). Kemarin, harga minyak turun lebih dari 3% setelah laporan Financial Times yang menyebutkan bahwa Arab Saudi akan meningkatkan produksi, dan membatalkan target harga minyak US$ 100 per barel yang sebelumnya telah ditetapkan.

Mengutip Reuters, Arab Saudi bersiap untuk membatalkan target harga tidak resminya sebesar US$ 100 per barel untuk minyak mentah karena bersiap untuk meningkatkan produksi, menurut laporan Financial Times, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.


Baca Juga: Harga Minyak Dunia Turun 3% karena Prospek Peningkatan Produksi OPEC+

Sementara itu, dua sumber OPEC+ mengatakan kepada Reuters pada hari Kamis bahwa kelompok produsen tersebut akan melanjutkan peningkatan produksi minyak pada bulan Desember karena dampaknya akan kecil jika rencana beberapa anggota untuk melakukan pemotongan yang lebih besar guna mengompensasi kelebihan produksi dilaksanakan pada bulan September dan bulan-bulan berikutnya.

"Mereka bereaksi berlebihan terhadap berita dari FT," kata Phil Flynn, analis senior untuk Price Futures Group.

Tamas Varga, analis di PVM, mengatakan laporan tersebut adalah tentang penghentian pemotongan produksi yang telah direncanakan sebelumnya yang jika dilaksanakan akan menambah 180.000 barel per hari (bpd) pasokan minyak mentah tambahan setiap bulan.

"Tidak diragukan lagi, hal itu akan melonggarkan keseimbangan minyak global tetapi pada saat yang sama akan mengurangi kapasitas produksi cadangan OPEC," kata Varga. 

"Hal itu kemungkinan besar akan menyebabkan penumpukan stok pada tahun 2025 dan menjaga harga di bawah tekanan moderat. Yang mungkin lebih penting adalah apakah hal itu merupakan pertanda perang pasokan di dalam dan di luar organisasi. Jika jawabannya ya, penurunan tajam ke area US$ 40 per barel tidak dapat dikesampingkan."

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak, bersama dengan sekutu kelompok tersebut termasuk Rusia, yang dikenal sebagai OPEC+, telah memangkas produksi minyak untuk mendukung harga.

Baca Juga: Harga Minyak Masih Tertekan Meski Suku Bunga Turun dan Ada Stimulus China

Namun, harga minyak telah turun hampir 6% sepanjang tahun ini, di tengah meningkatnya pasokan dari produsen lain, terutama AS, serta pertumbuhan permintaan yang lemah di China.

"Prospek pasokan tambahan dari Libya dan Arab Saudi telah menjadi pendorong utama di balik pelemahan terbaru," kata Ole Hansen, seorang analis di Saxo Bank.

Pernyataan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari Rabu mengatakan delegasi dari wilayah timur dan barat Libya yang terbagi menyetujui proses penunjukan gubernur bank sentral, sebuah langkah yang dapat membantu menyelesaikan krisis atas kendali pendapatan minyak negara itu yang telah mengganggu ekspor.

Ekspor minyak mentah Libya rata-rata sekitar 400.000 barel per hari (bpd) pada bulan September, turun dari lebih dari 1 juta bpd pada bulan Agustus.

Namun, berita tentang paket stimulus baru China membatasi kerugian lebih lanjut.

Selanjutnya: Hitoribocchi no Isekai Kouryaku Episode 1 Sub Indo, Cara Nonton dan Link Streaming

Menarik Dibaca: 5 Food Vlogger Indonesia Ini Suka Review Makanan Sampai Bikin Ngiler

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi