Harga minyak terkoreksi tipis, ambil jeda di tengah reli



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak terus melanjutkan reli, meski agak terkoreksi tipis pada perdagangan Rabu (25/8) pagi. Pukul 06.45 WIB, harga minyak untuk pengiriman Oktober 2021 di New York Mercantile Exchange ada di US$ 67,42 per barel, turun tipis 0,17% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 67,54 per barel.

Harga minyak menunjukkan tren naik di tengah keberhasilan China dalam memberantas wabah virus Covid-19 dan meningkatkan optimisme pemulihan ekonomi.

Mengutip Bloomberg, China telah menurunkan kasus virus Covid-19 lokal ke level nol dan jalan lalu lintas menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Negara ini juga membuka kembali Pelabuhan Ningbo, yang merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia, setelah ditutup selama dua pekan.

Baca Juga: Harga minyak melesat 2% usai pemadaman di Meksiko dan prospek permintaan cerah

"Perkembangan di luar China juga menyalakan kembali ekspektasi bahwa permintaan minyak akan mulai meningkat lagi," kata Phil Flynn, analis pasar senior Price Futures Group Inc seperti dikutip Bloomberg.

Sementara itu kebakaran di platform minyak Meksiko menghapus lebih dari 400.000 barel per hari output minyak negara itu.

Kebangkitan Covid sempat mengganggu reli harga minyak dan mendorong spekulasi bahwa OPEC + akan meninjau kembali rencananya saat ini untuk mengembalikan tambahan pasokan minyak ke pasar dalam pertemuan 1 September.

Namun, Goldman Sachs Group inc menegaskan kembali bahwa dampak varian delta terhadap permintaan minyak hanya sementara.

Selanjutnya: Ada Spekulasi Tapering AS Ditunda, Harga Emas Selasa (24/8) Stabil di Atas US$ 1.800

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi