Harga minyak turun membuat harga karet melorot



JAKARTA. Harga karet alam tumbang ke posisi tertinggi dalam sepekan. Penurunan harga karet menyusul turunnya harga minyak mentah di New York yang mendekati harga terendah tiga bulan.

Perlu diketahui, harga karet alam berkaitan dengan harga minyak mentah, karena minyak mentah merupakan salah satu bahan karet sintetis pengganti dari karet alam.

Kontrak pengiriman karet Maret di Tokyo Commodity Exchange turun 2% menjadi ¥ 259,4 per kilogram (US$ 2.642 per metrik ton). Sebelumnya, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) mendekati harga terendah sejak Juli 3 setelah AS melaporkan kenaikan pasokan.


"Harga karet terpengaruh shutdown AS, karena melemahkan selera investor," kata Takaki Shigemoto , analis di perusahaan riset JSC Corp kepada Bloomberg di Tokyo.

Ia menjelaskan, status shutdown bagi sebagian layanan pemerintah AS bisa memperlambat pemulihan AS. Selain itu, shutdown AS juga mengancam pertumbuhan ekonomi AS yang bisa berdampak pada daya beli dan juga meningkatnya pengangguran.

Sementara itu, harga karet untuk pengiriman Januari di Shanghai Futures Exchange turun 1,2% menjadi 20.300 yuan  atau setara US$ 3,319  per ton. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri