Hari ini, arus mudik jalur Surabaya-Malang lancar



JAKARTA. Hingga -3 Lebaran 2013, arus mudik di Jalan Raya Surabaya-Malang, Jawa Timur, masih terlihat lancar.

Jalan raya Surabaya-Malang merupakan jalur penghubung antara dua kota terbesar di Jawa Timur, yakni Surabaya dan Malang. Jalur ini kerap menjadi alternatif disamping Jalan Tol Surabaya-Porong yang biasanya menjadi pilihan utama pengendara saat menuju Malang.

Berdasarkan pantauan KONTAN, Selasa pagi ini (6/8) di kedua ruas jalan raya Surabaya-Malang masih tampak sepi dan lancar. Begitu pula arus mudik di seputar kawasan Lumpur Lapindo, Sidoarjo.


Menurut Nasikudin, pengemudi Silver Taxi, berdasarkan pengalamannya, potensi kemacetan arus mudik di jalur Surabaya-Malang akan terjadi pada malam takbiran Idul Fitri.

Dia bilang, dalam sepekan terakhir, potensi kemacetan hanya terlihat di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. "Kalau sekarang hanya di Kecamatan Lawang saja yang perlu diwaspadai," kata pria berusia 44 tahun tersebut kepada KONTAN, Selasa (6/8).

Lelaki asal Jombang, Jawa Timur tersebut, menambahkan, banyaknya even mudik gratis yang disediakan sejumlah perusahaan di berbagai daerah asal pemudik, menjadi salah satu faktor yang ikut membuat lancarnya arus lalu lintas di jalur Surabaya-Malang.

“Sekarang, banyak pemudik tak lagi menggunakan kendaraan pribadi. Makanya masalah macet tidak terlalu parah," imbuh Nasikudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan