KONTAN.CO.ID - HANGSHOU. Ajang single day 11.11 alias hari jomblo menjadi ajang promo dan penjualan bagi pemilik brand global untuk menggarap pasar konsumen China. “China itu pasar yang sangat besar, sehingga menjadi kesempatan besar bagi usaha kecil dan menengah dari luar negeri untuk melayani konsumen China,” kata Alvin Liu, General manager of Tmall Global Import& Export, kepada wartawan Minggu (10/11) di kantornya. Alvin menyebut Tmall sebagai bagian dari grup Alibaba, saat ini menjadi inkubator bagi brand global, terutama dari luar negeri. Ia mencatat ada pertumbuhan brand baru yang diminati konsumen Alibaba, dengan persentase pertumbuhan hingga 300%.
Baca Juga: Alibaba mulai merambah konsumen di kota kecil Ia mencontohkan pesohor Rihanna yang juga pemilik brand dari kosmetik Fenty Beauty by Rihanna, mampu menjual RMB 10 juta di Tmall Global, pada hari pertama jualan. Selain Rihana, Kim Kardashian West, bintang acara TV realitas, icon media sosial dan pengusaha perempuan, meluncurkan brand KKW Fragrance di Tmall Global pada Oktober 2019 lalu. Pada tanggal 6 November ini, Kim berpartisipasi di acara Tmall Global Influencer dan melakukan livestreaming pertamanya ke China bersama influencer terkemuka dari Tiongkok, Viya Huang.