Hasil Dua Polling AS Menunjukkan Obama Memimpin Secara Nasional



WASHINGTON. Memasuki detik-detik terakhir menjelang pemilihan calon presiden Amerika Serikat (AS), dukungan terhadap Barack Obama semakin deras mengalir. Hal itu terbukti dari hasil dua polling yang dirilis lima hari sebelum pemilu. Dari hasil itu, terlihat bahwa Obama memimpin secara nasional.

Polling CBS News/New York Times menunjukkan senator Illinois, Obama, memimpin 11% atas rivalnya. Sementara, pada polling terpisah yang dihelat Fox News, Obama hanya memimpin 3% dan McCain semakin memperkecil jarak pada minggu lalu. 

Diantara para pemilih yang terdaftar, polling Fox menunjukkan 46% pemilih akan memilih Obama dan 43% akan memilih McCain. Padahal, dalam survei serupa yang diadakan pada 20-21 Oktober lalu, gap antara McCain dan Obama mencapai 10%.


Sementara, polling CBS/New York Times menunjukkan 52% partisipan survei lebih condong memilih Obama, dan 41% lainnya mendukung McCain. Polling itu juga menunjukkan, lebih dari separuh para pendukung McCain bilang, mereka merasa takut jika Obama terpilih menjadi presiden.

Tidak hanya itu, kandidat calon wakil presiden juga mendapat sorotan pada polling kali ini. Dukungan atas cawapres Sarah Palin dari Partai Republik melorot 7% sejak 6 Oktober lalu. Hanya 35% pemilih yang disurvei bilang saat ini Palin sudah siap mengemban tanggungjawab itu. Sekitar 24 hari lalu, dukungan terhadap Palin mencapai 42%. Sementara, dukungan atas cawapres Demokrat Joe Biden tetap stabil dengan dukungan 74% suara.

Sekadar informasi, polling Fox dilakukan terhadap 1.100 pemilih teregistrasi dan diadakan pada 28-29 Oktober. Sementara polling CBS/New York Times melakukan survei terhadap 1.440 orang dewasa dan digelar pada 25 hingga 29 Oktober.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie