Hasil kajian redenominasi diserahkan bulan depan



JAKARTA. Rencana penerapan kebijakan penyederhanaan mata uang atau redenominasi yang digulirkan oleh Bank Indonesia (BI) sejak beberapa pekan lalu kian mengerucut. BI berencana menyerahkan hasil final kajian redenominasi rupiah kepada pemerintah, dalam hal ini adalah Presiden dan Menteri Keuangan. "Bulan depan sudah bisa disampaikan ke pemerintah yaitu Presiden dan Menkeu," kata Deputi Gubernur BI Budi Rochadi di sela tinjauan jasa kas keliling BI di kawasan Monas, Jakarta, Rabu (25/8).
Budi menjelaskan, studi redenominasi sejauh ini termasuk di antaranya adalah melakukan survei pada para pelaku usaha seperti kalangan eksportir dan importir."Saya kira mereka setuju jika redenominasi dilakukan," katanya. BI meyakini, kebijakan ini nanti bisa memberikan banyak keuntungan terutama untuk kepraktisan pencatatan akuntansi. Juga, "Redenominasi untuk efek psikologis," ujar Budi.
Dia menambahkan, meski kebijakan redenominasi merupakan usulan BI, dalam pelaksanaannya kelak kebijakan ini akan menjadi proyek pemerintah.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor: Uji Agung Santosa